Lewat Webiner, CDN Riau Edukasi Keselamatan Berkendara Bagi Pelajar

Selasa, 25 Agustus 2020

Instruktur safety riding saat menyampaikan materi lewat Webiner. (ist)

PEKANBARU - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau, kembali memberikan edukasi keselamatan berkendara yang interaktif kepada Pelajar melalui jejaring online Web Seminar (Webinar) dengan tema Praja Muda Cari Aman.

Hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat komitmen memberi edukasi Safety Riding kepada masyarakat di tengah  pandemi.

Kegiatan Webinar perdana ini diikuti 22 peserta dari murid kelas X hingga kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Sebelum penyampaian materi, para peserta diarahkan untuk mengisi ujian pre test online untuk mengukur pemahaman peserta akan keselamatan berkendara.  

"Terima kasih kami ucapkan kepada tim Safety Riding Capella Honda yang telah berkenan memberikan sharing terkait cara aman berkendara melalui Web Seminar. Dengan penyampaian yang singkat dan mudah dimengerti harapan kami siswa/siswi selain paham apa yang disampaikan juga bisa mengaplikasikan materi yang diberikan nantinya. Kami akan selalu mendukung program edukasi safety riding untuk peserta didik," kata Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Lesung, Jhon Maifive Er saat membuka webinar.

Instruktur safety riding PT Capella Dinamik Nusantara, Arif Rahman Hakim mengatakan, 90 persen angka kecelakaan dijalan raya disebabkan oleh faktor manusia. Agar aman saat berkendara, sebelum berangkat gunakan perlengkapan berkendara lengkap, pastikan kondisi tubuh siap untuk berkendara dengan melakukan pemanasan kecil, dan cek kondisi kendaraan pastikan kendaraan siap untuk digunakan.

"Saat dijalan patuhi aturan lalu lintas dan etika berkendara. Untuk yang dibonceng wajib menggunakan perlengkapan berkendara karena resiko yang dibonceng dengan pembonceng sama saat terjadi kecelakaan," kata Arif sapaan akrab saat penyampaian materi lewat Webinar, Senin (24/8/2020).

Kegiatan berjalan sangat seru. Setelah penyampaian materi peserta mengajukan pertanyaan seputar aman berkendara melalui kolom komen yang tersedia. Setelah sesi tanya jawab peserta diarahkan untuk mengikuti Post Test Online dengan hasil 80 persen peserta lulus di Angka minimal point 80.

"Webinar Safety Riding sangat Menarik dan Interaktif, bapak instruktur memberikan materi dengan sangat menyenangkan," kata Suci Pramita Sari siswi kelas X Akutansi 1 melalui evaluasi online diakhir acara.

Ia berharap, kedepannya bisa mendapatkan ilmu lebih lagi terkait safety riding. Bukan hanya materi namun juga praktek langsung terutama skill dasar berkendara.

Section Head Promosi Haryanto Budhiman mengatakan, kegiatan edukasi Safety Riding melalui  jejaring online ini merupakan komitmen PT Capella Dinamik Nusantara dan PT Astra  Honda  Motor untuk tetap hadir ditengah masyarakat  melalui pembekalan pengetahuan  Safety  Riding agar tetap mengutamakan  keselamatan berkendara di jalan raya. 

Dengan Fokus pada edukasi cara berkendara yang aman, sehat, dan nyaman, kegiatan edukasi ini sebagai sarana PT AHM dan PT CDN untuk terus mengingatkan ilmu Safety Riding kepada masyarakat.

"Harapan kami dengan menghadirkan edukasi Safety Riding Honda secara daring dengan konsep menarik dan interaktif, peserta dapat belajar keselamatan berkendara dengan cara yang lebih," tutup Haryanto dalam rilis PT CDN Riau.*