Cara Kreatif Industri Kecantikan Bertahan Ditengah Pandemi

Ahad, 30 Agustus 2020

BincangShopee 9.9 Super Beauty Day

jurnalpekan.com - Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan bekerjasama Hello Beauty, komunitas platform Beauty Artist nomor 1 di Indonesia menghadirkan BincangShopee 9.9 Super Beauty Day.

Kreativitas Industri Kecantikan ditengah Pandemi sebagai wadah dan sarana yang didedikasikan khusus bagi pelaku usaha yang bergerak dalam penyedia jasa kecantikan untuk berdiskusi mengenai cara beradaptasi ditengah pandemi dan peran penting memanfaatkan platform digital dalam membangun portofolio online untuk menciptakan peluang.

Saat ini masyarakat masih dihadapkan dengan perubahan serta dampak dari Pandemi Covid-19 salah satunya dalam keberlangsungan kegiatan usaha. Industri kecantikan yang mengalami perkembangan serta menghadirkan potensi dan peluang lapangan kerja dalam beberapa tahun belakang ini, menjadi salah satu sektor jasa yang terdampak khususnya bagi Makeup Artist dan Hairstylist.

Dengan adanya regulasi pembatasan mobilitas, pekerjaan yang mengharuskan kontak langsung dengan pelanggan mengalami penurunan permintaan.

BincangShopee yang turut menghadirkan Allyssa Hawadi (Makeup Artist), Anda Arrusa (Professional Hairstylist) dan Fauzi Hanum (Professional MakeUp Artist) berdiskusi mengenai bagaimana beradaptasi dan menciptakan peluang dengan meningkatkan online presence. 

Public Relations Lead Shopee Indonesia, 
Aditya Maulana mengatakan, selama masa pandemi, kategori kecantikan menjadi salah satu kategori terfavorit di Shopee. Selain menjadi perpanjangan tangan para pengguna selama masa pandemi untuk dapat menjangkau produk-produk kecantikan dari rumah, Shopee ingin turut mengambil peran dalam memberikan solusi bagi para pelaku jasa kecantikan yang juga menjadi penggerak perkembangan industri kecantikan.

Inisiatif ini hadir sebagai wadah dan inspirasi bagi para pelaku industri kecantikan untuk berdiskusi bersama agar tetap dapat berkreasi dan menciptakan peluang ditengah pandemi dengan memanfaatkan fitur digital salah satunya ShopeeLive.

"Kami harap inisiatif tersebut yang dilengkapi dengan kemeriahan 9.9 Super Beauty Day dapat memperluas pilihan pelaku jasa kecantikan dalam memanfaatkan platform digital untuk memperkuat online portfolio serta memberikan penawaran terbaik guna melengkapi kebutuhan pengguna dalam menjalankan usaha agar tetap berkembang," kata Aditya belum lama ini.

Pada BincangShopee 9.9 Super Beauty Day Kreativitas Industri Kecantikan ditengah Pandemi, ketiga pembicara membagikan 9 cara yang dilakukan untuk beradaptasi dan tetap berkreasi di situasi saat ini, antara lain.

Pertama, mencari ilmu dan mengasah skill make up melalui platform yang sesuai
Pelajari dan tambah ilmu makeup atau hairdo terbaru yang belum dikuasai untuk memperluas skill yang dimiliki dengan mengikuti kelas atau diskusi online, seperti BincangShopee.

Kedua, memanfaatkan platform belanja online untuk melengkapi produk dan alat make up dengan promo dan kualitas terbaik. Temukan produk dan alat kecantikan dengan harga murah, lengkap, dan kualitas yang terbaik hanya di Shopee 9.9 Super Beauty Day untuk melengkapi kebutuhan peralatan profesimu.

Ketiga, mengetahui market dan tren yang sedang berlangsung. Ketahui tren make up atau hair do yang sedang diminati saat ini. Serta temukan target konsumen yang sesuai dengan make up  atau hair do style  yang dimiliki.

Keempat, mencari peluang dan mempelajari channel pemasaran pelajari dan temukan channel pemasaran dalam bentuk apapun, mulai dari sosial media, platform digital, fitur-fitur aplikasi dan kolaborasi untuk membuka peluang baru.

Kelima, Rapikan platform yang dapat menjadi digital portfolio. Perkuat value dan online presence dengan merapikan platform sosial media yang menarik serta menghadirkan inisiatif yang engaging.

Keenam, Share pengetahuan dan tingkatkan interaksi melalui platform digital. Ciptakan engagement dan bangun awareness melalui platform digital yang dimiliki seperti membuat kolaborasi dengan pihak lain maupun live agar tercipta interaksi yang menarik.

Ketujuh, Praktekan protokol kesehatan yang aman dan sesuai. Terapkan protokol kesehatan untuk dirimu dan pelanggan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan, hand sanitizer maupun pengecekan suhu untuk mengantisipasi penyebaran virus. 

Kedelapan, Melakukan kolaborasi.
Membuka diri dan mencari kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan hairstylist atau make up artist ataupun pihak luar untuk menciptakan sebuah konten dan inisiatif yang menarik dan bermanfaat.

Terakhir, Memperluas networking dengan bergabung dalam komunitas.
Bergabunglah dengan komunitas untuk berdiskusi mengenai insight, menemukan peluang baru serta memperkuat hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat sama untuk memajukan industri kecantikan.

"Sebagai profesi yang membutuhkan kontak langsung, pandemi Covid-19 tentu menjadi sebuah rintangan bagi kami para pelaku industri kecantikan," kata Allyssa Hawadi, salah satu makeup artist yang merasakan dampak dari situasi saat ini. (rls)