Kombinasi Jus Jaga Kondisi Tubuh

Selasa, 08 September 2020

Jus wortel (foto: suara.com)

jurnalpekan.com - Sistem imunitas pada tubuh bekerja setiap hari untuk memerangi bakteri dan virus yang masuk agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.
Sayangnya, terkadang ada masa tubuh sedang dalam keadaan kurang baik, bisa karena kelelahan atau karena faktor cuaca. Hal ini berujung pada sakit flu yang disertai dengan demam. Untungnya, berbagai jus buah di bawah ini bisa bantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Membuat jus dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan antioksidan tinggi akan membantu dalam pencegahan penyakit. Berikut beberapa pilihan kombinasi jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

1. Apel, jeruk dan wortel
Olahan jus pertama yang bisa dibuat kalau daya tahan sedang tidak baik adalah jeruk, apel, dan wortel. Tiga bahan ini bisa dicampur dengan takaran sesuai dengan selera, bisa ditambahkan jeruk nipis karena mengandung cukup banyak vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam wortel yang ikut dicampur menjadi jus juga mengandung vitamin A, B6, dan asam folat. Apel memberikan tambahan vitamin C dalam jumlah banyak. Jus bisa diminum dengan disaring terlebih dahulu atau diminum langsung dengan sisa ampas buah.

2. Jeruk bali
Jeruk bisa menjadi salah satu pilihan jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Melalui rasa asam manisnya saja kita sudah mendapatkan vitamin C. Jeruk bali mengandung vitamin A, asam folat, dan vitamin B-6. Jus ini bisa dibuat dahulu lalu disimpan di dalam kulkas agar nikmat saat dikonsumsi dalam kondisi dingin.

3. Tomat
Untuk membuat jus pilih tomat buah yang besar dan memiliki warna merah. Rasa dari tomat ini cenderung lebih manis. Jus ini mengandung vitamin A dan C.

4. Buat bit, wortel, jahe dan kunyit
Jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang merupakan kombinasi dari buah dan herbal ini akan memiliki warna merah keunguan. Rasanya agak manis dan pedas akibat jahe.

Setelah membuat jus ada baiknya disaring dahulu lalu disimpan di dalam kulkas sebelum dikonsumsi. Saat akan dikonsumsi bisa ditambahkan gula rendah kalori atau diminum langsung untuk memaksimalkan vitamin A, C, R, zat besi, dan kalsium.

5. Mangga dan stroberi
Mangga dan stroberi memiliki jenis rasa yang sama, yaitu manis dan asam. Kombinasi jus mangga dan stroberi bisa ditambahkan probiotik agar vitamin A, C, E, dan folat lebih lengkap.

6. Stroberi, kiwi dan mint
Campuran stroberi dan kiwi akan cenderung memberikan rasa asam. Selanjutnya pemberian mint akan memberikan rasa dingin yang lebih segar. Jus ini mengandung vitamin A, C, dan B6 yang cukup banyak. Selain itu seng, magnesium dan folat.

Dengan mengonsumsi beberapa jenis jus di atas secara rutin, vitamin dan mineral akan didapatkan oleh tubuh.
Sehingga daya tahan tubuh bisa meningkat dan terjaga.*