Berikut yang Bisa Dilakukan untuk Hilangkan Stres

Rabu, 16 September 2020

Ilustrasi stres (cnnindonesia.com)

JAKARTA - Untuk mengatasi stres dan membuat perasaan menjadi lebih baik, hal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi gejala dan tahu penyebabnya.

Membiarkannya berlalu hanya akan memperparah stres jika masalah datang lagi di kemudian hari. Berikut yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres.

1. Menerapkan pola hidup sehat
Hal dasar yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur. Kedua hal tersebut dapat memproduksi hormon baik seperti dopamin. Dopamin memicu perbaikan mood serta menimbulkan rasa senang.
Anda bisa mulai dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain tetap memberi asupan energi lebih baik, makanan sehat juga membantu mengendalikan stres.

2. Bersosialisasi
Dengan tetap terhubung dengan orang-orang di sekitar, Anda akan merasa mendapat dukungan sekaligus menghilangkan stres. Terlebih jika berkumpul dengan teman dan saling melempar obrolan lucu.

Dengan tertawa, tubuh melepaskan zat endorfin yang membantu Anda merasa lebih baik, menghilangkan cemas, dan mempertahankan pikiran positif.

3. Cara menghilangkan stres dengan meditasi
Melatih pernapasan adalah cara meditasi paling sederhana yang bisa dilakukan sekalipun Anda sedang bekerja. Lakukan meditasi sederhana ini dengan fokus. Cari posisi duduk yang nyaman dan fokuslah bernapas secara teratur.

Relaksasi bisa mengurangi gejala stres seperti sakit kepala, melansir Mayo Clinic. Sisihkan waktu setidaknya 10 menit setiap hari untuk relaksasi, bisa dengan meditasi, yoga, ikut kelas Tai Chi, atau sekadar latihan pernapasan.

Alternatif lain, Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti mendengarkan musik, menari, berolahraga, membaca buku, atau bermain dengan hewan peliharaan agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

4. Tidur yang cukup
Stres dapat mengganggu tidur. Tetapi kurang tidur juga dapat menghambat kemampuan Anda dalam mengatasi stres.
Ketimbang asyik dengan media sosial, percepat jam tidur Anda agar tubuh dapat banyak waktu untuk istirahat. Durasi tidur yang kurang dari tujuh sampai delapan jam sehari, membuat tubuh tidak mampu menoleransi stres dengan baik.

5. Hentikan kebiasaan buruk
Stop kebiasaan merokok yang bisa merusak kesehatan diri dan orang sekitar Anda. Jika Anda juga minum alkohol dan kafein, perhatikan takarannya agar tidak berlebihan.

6. Istirahat dan liburan
Luangkan waktu untuk menjernihkan pikiran sejenak. Bisa dengan mengambil cuti untuk liburan ke tempat yang tenang dan santai, atau sekadar menghabiskan waktu bersantai di rumah.
Ini bisa jadi cara untuk memperbarui energi sehingga Anda lebih siap menghadapi tugas maupun pekerjaan selanjutnya.

7. Jangan ragu minta bantuan
Setiap orang memiliki tingkat ketahanan dan kerentanan stres yang berbeda-beda. Tak ada salahnya membicarakan masalah pada keluarga atau teman, dan biarkan mereka membantu Anda melewati masa sulit.

Atau, Anda bisa berkonsultasi dengan terapis atau psikolog jika merasa tak mampu mengatasinya sendirian. Tujuannya agar stres tidak berlarut dan membawa Anda ke situasi yang lebih buruk, termasuk depresi dan gangguan kesehatan lainnya.
Itulah tanda stres dan cara menghilangkannya. Dengan mampu mengelola stres amat mungkin jadi bekal baik untuk Anda serta orang-orang di sekitar dalam menjalani hidup yang lebih baik, produktif, dan bahagia*