Kunjungi KONI Kampar, KONI Pekanbaru Ajak Helat Porkot Serentak

Rabu, 16 September 2020

Ketua KONI Kota Pekanbaru Anis Murzil ST (dua kanan) menyerahkan cinderamata majalah terbitan KONI Pekanbaru. (ist)

PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten/Kota di Riau rencana akan serentak melakukan pekan olahraga kota (Porkot) dan pekan olahraga kabupaten (porkab) se Riau. Rencana ini didorong oleh KONI Kota Pekanbaru guna menyeleksi bibit atlet berprestasi secara berjenjang.

"Ajang ini akan dilakasanakan serentak pada 2021 di masing-masing kabupaten/kota se Provinsi Riau," kata Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil ST, Selasa (15/9/2020).

Selain itu, ajang olahraga tingkat Kabupaten/Kota ini sebagai seleksi atlet masing-masing daerah untuk persiapan atlet menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau 2022 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Usulan melaksanakan Porkot atau Porkab secara serentak di 2021 disampaikan KONI Pekanbaru saat kunjungan ke KONI Kabupaten Kampar dan Kuansing sebelumnya.

KONI Pekanbaru juga memastikan usulannya juga akan disampaikan kepada seluruh KONI kabupaten/kota se Provinsi Riau dalam agenda kunjungan KONI Pekanbaru hingga bulan depan.

"Kita telah melakukan pertemuan dengan KONI Kampar. Dengan tujuan untuk mendorong dan mendukung pelaksanaan pekan olahraga tingkat kota/kabupaten serentak pada 2021," sebutnya.

Dikatakannya, yang memiliki atlet-atlet berprestasi yakni daerah kabupaten/kota. Sehingga perlu dilakukan upaya yang optimal untuk menjaring atlet-atlet berprestasi salah satunya melalui Porkot atau Porkab.

Ia menilai, ajang itu dapat menjadi wadah daerah untuk menyeleksi atlet Porprov. Dengan begitu, atlet yang bertanding di Porprov nanti benar-benar atlet yang berasal dari daerah, sehingga tercipta Porprov yang berkualitas, spotif dan fair play.

Selain itu, ajang olahraga serentak itu juga dapat meminimalisir terjadinya mutasi atlet di masing-masing daerah. Dari itu juga atlet yang bertanding di Porkot dan Porkab akan terdaftar di daerah masing-masing, sehingga tidak ada lagi perebutan atlet antar daerah.

Disisi lain tambah Anis, dengan hadirnya Porkot atau Porkab di masing-masing daerah dapat meningkatkan gairah pelaksanaan Porprov 2022 khususnya.

"Antusias dan gairah Porprov itu akan meningkat ditengah masyarakat," sebutnya.

Ketua KONI Kampar Abdul Ghafar sangat mendukung terkait usulan-usulan yang disampaikan tersebut. "dengan silaturahmi seperti ini akan muncul ide-ide yang bagus untuk kemajuan olahraga," kata Abdul saat menyambut langsung kedatangan rombongan KONI Pekanbaru.

Terkait usulan pelaksanaan Porkot dan Porkab serentak 2021 mendatang, pihaknya sangat mendukung. Menurutnya, itu ide yang bagus tinggal bagaimana komitmen dan persiapan dari kabupaten/kota masing-masing. Karena ini mendukung pembinaan olahraga di daerah dan provinsi.

"Untuk di Kabupaten Kampar kita belum bisa memastikan persiapan apakah bisa dilakasanakan," sebutnya.***