KONI Harap Olahraga Tingkat Kabupaten Kota Jadi Ajang Jaring Atlet Daerah

Selasa, 29 September 2020

Rombongan KONI Pekanbaru foto bersama pengurus KONI Rohil usai silaturahmi di Sekretaris KONI Rohil, Jalan Perniagaan Bagansiapiapi.

PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru berharap, Pekan Olahraga Kabupaten/Kota (Porkab/Porkot) yang rencananya digelar 2021 mendatang dapat menjadi ajang seleksi daerah.

Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil mengatakan, untuk itu pihaknya melakukan kunjungan ke KONI Kabupaten/Kota, salah satunya Rohil untuk mengajak gelar Porkab/Porkot serentak pada 2021.

"Kita mengajak seluruh kabupaten dan kota untuk menjadikan Porprov pada 2022 menjadi lebih berkualitas dari Porprov sebelumnya," kata Anis, Senin (28/9/2020).

Anis mengatakan, dengan adanya Porkab/Porkot diharapkan mampu menjaring atlet daerah sehingga daerah tidak harus menyewa ataupun membeli atlet ke daerah lain.

"Kami harap Porkot dan Porprov betul-betul menjadi ajang seleksi atlet-atlet daerah. Kita tidak mau dengar lagi di PON nanti ada daerah-daerah yang membayar, membeli atlet dari daerah lain. Kita mau APBD memang dinikmati atlet-atlet sendiri," sebutnya.

Wakil Ketua III KONI Rohil Syaipul Tarmizi juga menekankan agar Rohil tidak membeli atau menyewa atlet daerah lain. Meskipun konsekuensinya hampir selalu mendapat nomor urut terakhir.

"Kami sudah dipesan oleh kepala daerah kami. Biarlah kalah, asal putra daerah. Makanya kami ingatkan ke cabor-cabor, jangan pernah sekali-kali bawa pemain luar," singkat Tarmizi. (*)