Unik, Uang 75 Ribu Bisa Putar Lagu Indonesia Raya

Rabu, 30 September 2020

youtube.com

BEREDAR video viral yang memperlihatkan uang baru pecahan Rp75.000 bisa mengeluarkan orkestra nyanyian Indonesia Raya. Video tersebut akan terlihat jika dipindai menggunakan smartphone.

Berdasarkan penelusuran Okezone, Senin (28/9/2020), teknologi yang digunakan dalam "nyanyian Indonesia Raya" di uang baru pecahan Rp75.000 adalah augmented reality (AR). Namun untuk memindainya harus terlebih dahulu meng-install aplikasi, salah satunya Ivive.

Aplikasi ini sudah tersedia di App Store untuk perangkat Apple. Sementara untuk Android belum ada di Play Store. Jika ingin memasangnya, pengguna Android harus mencari secara manual di Google, baru bisa memasangnya.

Teknologi augmented reality (AR) adalah penggabungan dunia maya dua atau tiga dimensi ke dalam sebuah media nyata. Dunia maya tersebut kemudian diproyeksikan dalam benda nyata.

Tidak hanya pada uang baru pecahan Rp75.000, ternyata teknologi AR ini juga disematkan di uang Rp50.000 dan Rp100.000.

Dalam uang pecahan Rp50.000 jika dipindai akan menampilkan video profil pahlawan Ir H Djuanda Kartasasmita yang fotonya terpampang di sana. Sosoknya ditampilkan dalam sebuah lukisan wajah sedikit demi sedikit hingga tampak lengkap.

Sementara AR di uang pecahan Rp100.000 juga akan menampilkan orkestra Indonesia Raya. Banyak penyanyi hadir dalam nyanyian tersebut, namun melalui banyak bingkai.

Terkait uniknya teknologi yang tersemat dalam uang rupiah ini juga menimbulkan banyak reaksi dari warganet. Ada yang takjub hingga menyatakan bangga jadi bagian bangsa Indonesia.

"Sebelum konser dimulai, kita semua nyanyi Indonesia Raya dulu, dan momen ini sangat spesial juga bagi kita orang Indo! Bangga bgt jd orang Indonesia," tulis akun Twitter @harold_idn.

"Santun pagi all, salam sehat penuh semangat, ada yg pada tau gak, klu di uang 75k itu ada lagu kebangsaan Indonesia Raya,,,, sungguh luar biasa,,,, bangga jd anak Indonesia," respons @1802_kimmi.

"Woww.... keren bgt gaes. Uang 75k tyt bisa putar lagu Indonesia Raya lho," ungkap @sasarisol.***