Usai Isi BBM Suzuki Karimun Terbakar, Penumpang Luka

Rabu, 30 September 2020

Kondisi unit Suzuki Karimun yang hangus terbakar di ruas Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Selasa (29/9) malam.

PEKANBARU - Diduga dari percikan api rokok menyambar tangki, satu mobil jenis Suzuki Karimun dengan nomor polisi (Nopol) BM 9600 YY hangus terbakar di ruas Jalan Sukarno Hatta, Kecamatan Bukit Raya, Selasa (29/9) malam.

"Kejadian itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Api nyala saat mobil sedang berjalan," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Kapolsek Bukit Raya Kompol Bainar, Rabu (30/9/2020). 

Ia menyebut, api dengan cepat membesar sehingga membuat kondisi mobil tinggal kerangka. Pengemudi dan penumpang mobil menjadi korban dalam insiden ini.

Menurut Adnan (28) salah seorang pedagang yang berjualan disekitar lokasi dan menjadi saksi atas peristiwa ini lanjut Bainar, api sudah terlihat menyala dari bagian bangku belakang mobil.

Kondisi api sudah membesar, saksi juga melihat salah satu penumpang mobil melompat keluar dari mobil yang diketahui dikemudikan WM itu menepi kepinggir jalan dan berhenti dalam keadaan api membakar seluruh badan mobil.

Akibat kejadian itu, salah satu penumpang mobil RH (16) mengalami luka bakar yang cukup serius. Korban dilarikan ke Rumah Sakit Sansani Pekanbaru.

"Dalam mobil itu ada dua orang, abang dan adik. Yang mengemudi WM, sementara RH mengalami luka bakar di seluruh bagian tubuh," jelas Kapolsek. 

Hasil penyidikan diketahui sebelum mobil terbakar, korban bersama abangnya mengisi minyak bensin yang ditempatkan di dalam tangki yang sudah dimodifikasi untuk bisa menampung minyak lebih banyak dari standar pabrik.

Tangki itu berposisi dibagian belakang mobil. Keduanya usai mengisi bensin di salah satu SPBU Jalan Sukarno Hatta. Setelah mengisi bahan bakar minyak (BMM) korban bersama abangnya kembali berjalan arah pulang kerumah di Paku Harapan Lubuk Bayung, Lipat Kain, Kampar Kiri.

Disaat dalam perjalan korban menghidupkan rokok sehingga api dengan cepat menyambar bensin yang telah dimuat dalam tangki modifikasi. "Satu mobil Pemadam diturunkan untuk memadamkan api," kata Kapolsek. 

Ditambahkan Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya Iptu Abdul Halim, dugaan awal mobil terbakar akibat percikan api dari rokok yang dinyalakan dan menyambar tangki modifikasi yang berada dibagian belakang mobil. 

"Kami dalam lidik, kita libatkan tim labfor untuk memastikan sumber api. Untuk korban masih dalam perawatan saat ini," tutupnya.*