Cara Kelola Pengeluaran Bulanan di Masa Pandemi

Ahad, 08 November 2020

Ilustrasi uang. (ist)

jurnalpekan.com - Saat ini Indonesia tengah menghadapi resesi akibat dari perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting diketahui cara mengelola pengeluaran bulanan yang tepat agar kondisi keuangan tetap sehat.

Di Riset Lifepal.co.id menunjukkan bahwa penurunan aktivitas konsumsi di Indonesia memicu terjadi penurunan inflasi hingga berujung pada deflasi berturut-turut selama 3 bulan di 2020.

Di saat yang sama terjadi peningkatan jumlah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito berjangka, deposito on call, maupun sertifikat deposito.

Tak tanggung-tanggung, jumlah simpanan masyarakat di bank umum pada Agustus 2020 mencapai di atas Rp 6.500 triliun, atau naik 2,74% dari bulan Juli, lebih tinggi dari persentase kenaikan rata-rata bulanan sejak awal tahun ini yang hanya 0,98%.

Dilansir dari suara.com, Minggu (8/11/2020) pada saat bersamaan, menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) di kuartal II 2020, laju pertumbuhan pengeluaran dari konsumsi rumah tangga secara year-on-year (YoY) adalah -5,51%. 

Hal itu pulalah yang berkontribusi terhadap perlambatan pertumbuhan PDB di kuartal II 2020. Data-data tersebut menunjukkan, di masa pandemi, masyarakat lebih memilih untuk menyimpan uang lebih banyak dan mengurangi konsumsi.*