Satpol Amankan 30 Gepeng di Lima Titik Kota Pekanbaru

Jumat, 13 November 2020

Puluhan Gepeng saat di data di Kantor Satpol PP Pekanbaru, sebelum dibawa ke Shelter atau penampungan di Jalan Khairuddin Nasution, Jumat (13/11/2020).

PEKANBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru, mengamankan 30 gelandangan dan pengemis (Gepeng) dari lima titik yakni di Jalan Sumatera, Jalan Patimura, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, dan Jalan Hangtuah.

Dari 30 Gepeng yang diamankan kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Pekanbaru Burhan Gurning melalui Kepala Bidang Operasional dan Ketertiban Masyarakat Yendri Doni kepada Wartawan, Jumat (13/11/2020) pagi, terdiri dari 12 orang dewasa, 15 anak-anak, dan 3 balita.

"Setiap Jumat memang terlihat lebih ramai Gepeng di tiap-tiap lampu merah," kata Doni.

Petugas yang dipimpin Kabid Ops Yendri Doni, mengamankan barang-barang yang di bawa Gepeng sebagai alat mengemis.

Ia mengatakan, selanjutnya para Gepeng ini akan di bawa ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, untuk dibina. "Ada beberapa warga luar dari Tenayan Raya, Panam, dan Sail," sebutnya.

Saat giat tim Satpol PP Pekanbaru dan Dinsos disebar ke empat lokasi. "Belum lama ini kami pernah mengamankan seorang ibu-ibu, bahkan mengantar sampai ke rumah nya. Ia memiliki sejumlah rumah petak. Mereka ini termasuk orang mampu, ini contohnya," sebutnya.

Oleh karena itu, Doni menghimbau, masyarakat untuk tidak memberi dan bersedekah di lampu merah. Sumbanglah ditempat yang tepat seperti Masjid dan Panti Asuhan.