Berikut Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol

Kamis, 31 Desember 2020

Ilustrasi jalan tol (int)

jurnalpekan.com - jalan tol menjadi prioritas utama bagi yang menggunakan mobil pribadi untuk berlibur akhir tahun. Supaya perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman serta tetap merujuk pada protokol kesehatan (prokes) masa pandemi Covid-19, 

Melansir suara.com, Kamis (31/12/2020), berikut langkah persiapan bermobil dan melaju di jalan tol masa libur akhir tahun


1. Persiapkan bahan bakar
Untuk mencegah kerumuman dan penerapan protokol kesehatan, pengunjung rest area di jalan tol dibatasi hingga 50 persen.

Supaya tidak bermasalah dengan bahan bakar, pastikan tangki bensin sudah terisi penuh sebelum masuk jalan tol.

2. Waspada microsleep

Microsleep merupakan bahaya laten yang sering menyerang saat melakukan pekerjaan yang monoton seperti mengemudi di jalan tol yang melenakan.

Penjelasannya adalah suatu kondisi di mana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1 hingga 30 detik. Kondisi ini cukup untuk membuat kendaraan kehilangan kendali dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

3. Kendalikan emosi
Wajib diingat, perjalanan liburan membawa anggota keluarga tercinta. Oleh karenanya, kendalikan emosi saat mengemudi atau dikenal sebagai rage road.

Tidak perlu meladeni pengguna jalan yang memancing emosi seperti menyerobot antrean di gerbang tol. Berkendaralah sesuai aturan dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba.

4. Patuhi aturan lalu lintas
Di masa liburan, beberapa titik jalan tol akan mengalami kepadatan, seperti di sekitar rest area dan gerbang tol. Ikuti aturan dan petunjuk yang ada, termasuk arahan dari petugas Kepolisian.

Jangan menyerobot antrean yang bisa menambah kemacetan atau bahkan memicu kecelakaan.

5. Bahaya aquaplaning
Aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air. Risikonya adalah mobil tidak bisa dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan. Tidak hanya ban, perangkat rem dan visibilitas pengemudi juga ikut tereduksi saat hujan.

6. Siapkan e-Toll
Syarat mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal harus tersedia dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah. Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak mudah tercecer.

Perhatikan pula bahwa pencatatan history pemakaian jalan tol diterakan pada kartu yang dipakai saat masuk gerbang. Jangan ubah dengan memakai kartu berbeda.