Penderita Diabetes Baik Konsumsi Lima Buah Ini

Sabtu, 02 Januari 2021

Ilustrasi memilih buah (int)

Menurut American Diabetes Association (ADA), banyak jenis buah yang sarat vitamin dan mineral, cocok untuk penderita diabetes dalam mencari makanan ramah yang dapat membantu menjaga gula darah tetap sehat.

Selain itu, buah berserat juga memiliki nutrisi yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Melansir okezone.com, Sabtu (2/1/2021), berikut lima jenis buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

1. Beri
Apakah Anda menyukai blueberry, stroberi, atau jenis beri lainnya? Anda memiliki pilihan untuk memanjakan diri. Menurut ADA, buah beri adalah makanan super diabetes karena mengandung antioksidan dan serat. Satu cangkir blueberry segar memiliki 84 kalori dan 21 gram karbohidrat, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Jika Anda dapat menahan keinginan untuk hanya memasukkannya ke dalam mulut, cobalah beri dalam parfait, lapisan buah bergantian dengan yogurt tanpa lemak. Ini dapat dijadikan makanan penutup atau sarapan yang enak bagi penderita diabetes.

2. Aprikot
Menurut USDA, Aprikot adalah buah yang manis yang ramah dikonsumsi penderita diabetes. Satu aprikot hanya memiliki 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Empat aprikot segar menyediakan 134 mikrogram (mcg) kebutuhan vitamin A harian Anda, yang merupakan 15 persen dari DV Anda.

Selain itu, buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. Coba campurkan beberapa aprikot segar yang dipotong dadu ke dalam sereal panas atau dingin, atau masukkan sebagian ke dalam salad.

3. Apel
Apel ukuran sedang merupakan pilihan yang bagus, karena hanya mengandung 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Apel juga mengandung serat (sekira 4 gram per buah berukuran sedang, untuk 16 persen dari DV Anda) dan menawarkan beberapa vitamin C, dengan satu apel ukuran sedang menyediakan 8,73 mg atau sekitar 9 persen dari DV.

Namun, menurut Harvard TH, jangan kupas apel karena kulitnya bergizi dengan serat ekstra dan antioksidan pelindung jantung.

4. Jeruk
Makanlah satu buah jeruk dan Anda akan mendapatkan 78 persen vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari (ada 70 mg C dalam satu buah berukuran sedang). Menurut USDA, pilihan menyegarkan ini hanya terdiri dari 15 gram karbohidrat dan 62 kalori.

Satu buah jeruk berukuran sedang juga mengandung folat (40 mcg atau 10 persen dari DV) dan kalium (237 mg atau 5 persen dari DV), yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Dan saat Anda menikmati suguhan berair ini, jangan lupa bahwa buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, juga merupakan pilihan yang bagus.

5. Pir
Dikarenakan pir adalah sumber serat yang sangat baik (satu buah berukuran sedang mengandung hampir 5,5 g atau 20 persen DV, menurut USDA), pir merupakan tambahan yang bijaksana untuk rencana makan diabetes Anda.

Selain itu, saran USA Pears, tidak seperti kebanyakan buah, tekstur dan rasanya akan meningkat setelah dipetik. Simpan pir Anda pada suhu kamar sampai matang dan sempurna untuk dimakan (kemudian bisa disimpan di lemari es).