Kanal

Tips Dekorasi Rumah dari Desainer Interior

Guna menemukan kenyamanan dalam sebuah rumah dibutuhkan tata ruang dan pemilihan warna yang tepat sesuai kriteria rumah impian Anda. Oleh karena itu dekorasi rumah menjadi impian bagi setiap keluarga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini rasa bosan telah melanda sebagian orang. Dekorasi rumah menjadi hal yang sangat penting ditengah pandemi saat ini, aplagi jika dibantu desainer interior.

Desainer Interior Nippon Paint Indonesia Endy Nahya membagikan, beberapa tips yang harus dilakukan sebelum Anda mendekorasi rumah Anda agar tidak over budget. Pertama harus memahami tujuan mendekorasi ruangan di rumah Anda.

"Ruangan apa yang Anda butuhkan. Butuh ruang kerja atau kamar anak kita harus tahu. Supaya tahu arah dan tujuannya, ruangan itu nanti akan dibentuk seperti apa," kata Endy dilansir dari suara.com, Sabtu (10/4).

Kedua, mengapa ruangan itu menjadi penting. Ketiga, suasana atau nuansa apa yang ingin Anda hadirkan. Keempat, seberapa besar skala dan kompleksitas dekorasi rumah. Kelima, apakah saya butuh tenaga kontraktor atau bisa dikerjakan sendiri.

"Ini penting, kalau ruangannya mau dirombak maka harus pakai kontraktor, nah harus ada hitungannya juga. Kalau hanya mengecat ulang kan bisa dilakukan sendiri kalau ruangannya tidak terlalu besar," katanya.

Ilustrasi dekor rumah (int)

Kelima adalah wawancara beberapa kontraktor dan cari tahu rekam jejak dan biayanya. Keenam tetapkan budget dan buat akun pengeluaran tersendiri. Ketujuh, tetapkan penjadwalan dan check list peralatan. Terakhir adalah sebelum mulai bersihkan, rapikan dan buang barang-barang yang tidak perlu.

Selain itu, Endy juga berbagi tips dan trik memilih warna ruangan. Ia mengatakan bahwa warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis.

"Selain pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan warna furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream, atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan," tutupnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER