Kanal

Jaga Kesehatan Jiwa Anda, Jauhi Orang Toksik

jurnalpekan.com - Tidak semua orang menunjukkan sifat dan sikap terbaiknya di depan Anda. Bahkan, bisa saja orang di depan baik, namun dibelakang menusuk Anda.

Karena itu demi menjaga kesehatan jiwa, Anda wajib menjauhi orang-orang dengan sifat toksik alias beracun.

Melansir dari Healthshots, berikut empat jenis orang toksik yang harus Anda hindari.

-Narsis dan egois
Pada dasarnya, memuji diri sendiri itu tidak masalah. Bahkan, hal ini bisa membuat seseorang percaya diri.

Tapi jika teman-teman Anda egois dan narsis setiap saat dan merugikan Anda, satu-satunya jalan, dengan menjauhi orang tersebut.

"Ada sebagian orang yang tidak tahu bagaimana cara mementingkan orang lain, sehingga terus saja berbicara tentang diri mereka sendiri. Menjalin hubungan dengan orang-orang ini pada akhirnya merugikan diri Anda sendiri," kata psikiater Dr Rahul Khemani dilansir dari suara.com, Sabtu (17/4/2021).

-Ngomongin orang
Dari lingkaran pertemanan Anda adakah orang yang senang membicarakan orang lain? Orang seperti ini melakukannya untuk menutupi kekurangan dirinya sendiri, agar apa yang mereka bicarakan tidak terdengar dari telinga Anda.

Agar tidak terjebak dengan pola perilaku mereka, menjauhinya adalah satu-satunya cara.

-Iri hati
Hati-hati, orang lain saja bisa iri pada Anda. Mungkin iri dengan pencapaian maupun yang Anda hasilkan selama hidup. Hiraukan mereka, dan tetap terus melangkah.

-Orang yang manipulatif
Orang yang manipulatif biasanya pandai memutarbalikkan fakta. Seperti berbohong maupun menyalahkan korban.

Punya teman yang seperti ini dijamin nggak baik untuk kesehatan jiwa Anda ke depan. Carilah teman yang bisa membuat Anda berkembang secara positif.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER