Kanal

Umma Ajak Muslim Indonesia Upgrade Iman selama Ramadan Lewat Aplikasi

JAKARTA - Mengedepankan keutamaan bulan suci Ramadan, umma terus mengajak masyarakat muslim Indonesia untuk #CobaDuluAja menjadi umat yang lebih baik dengan memaksimalkan ibadah di rumah melalui teknologi digital. Solusi terbaru yang diluncurkan diaplikasi umma pada Ramadan ini meliputi fitur podcast bernama uVoice, serta beragam fitur lain yang mendukung umat berbagi kebaikan dan meng-upgrade keimanan masing-masing.

CEO & Co-Founder umma Indra Wiralaksmana mengatakan, momen Ramadan ialah momen upgrade diri dan iman.  Sebagai salah satu cara mendukung hal tersebut, umma menghadirkan layanan uVoice yang berisikan podcast dari beragam pendakwah, komunitas, masjid dan content creator lainnya dengan topik yang variatif dan informatif.

Konten-konten podcast di uVoice dikemas secara menarik dan asyik untuk disimak di manapun dan kapanpun.  Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan content creator muslim lainnya dalam memperluas jangkauan syiarnya.  Hal ini sejalan dengan posisi umma sebagai wadah bagi komunitas muslim Indonesia dalam memajukan syiar dan ekosistem keislaman di tanah air.

Di tengah banyaknya konten agama di media digital, masyarakat masih membutuhkan lebih banyak figur berilmu agama untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik.  Penelitian Alvara pada 2019 menunjukkan 78 persen umat Islam Indonesia lintas generasi masih menjadikan Ustaz dan Ulama sebagai sumber info keagamaan utama.

Oleh karena itu, melalui fitur uVoice, umma sebagai aplikasi komunitas dan gaya hidup muslim tidak hanya memudahkan pengguna untuk mendengarkan berbagai macam materi keislaman, namun juga memudahkan para pendakwah, tokoh Inspiratif, dan content creator muslim lainnya untuk berkreasi dan berbagi kebaikan dengan mudah, hingga membangun komunitas digital dalam satu platform.

"Tidak hanya pendakwah, content creator muslim lainnya memiliki peluang mendapat eksposur dan membangun komunitas yang lebih luas dengan memanfaatkan keunggulan umma sebagai platform pilihan masyarakat muslim Indonesia untuk beribadah dan berbagi kebaikan," kata Indra dalam rilis belum lama ini.

Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice.

Per Maret 2021, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna.  Dengan demikian, setiap content creator yang tergabung memiliki peluang membangun komunitas yang sangat besar melalui aplikasi umma.

Hingga awal April 2021, uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama yakni Kajian Keislaman, murottal Al-Qur'an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim. uVoice telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid serta content creator lainnya.  umma terus mengundang pendakwah dan content creator muslim untuk memanfaatkan uVoice dalam memperluas jangkauan syiar.

Indra menambahkan, melalui uVoice, umma juga mendukung pemberdayaan masjid melalui digitalisasi konten dakwah ke dalam podcast.  Dakwah seperti kajian atau khotbah Jum’at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice oleh jutaan umat dari penjuru negeri yang hadir di aplikasi umma setiap harinya.

"Dengan demikian, masjid secara efektif memiliki komunitas digital di dalam uVoice.  Kini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung, dan nantinya masjid-masjid lainnya di seluruh Indonesia," tutupnya.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER