Kanal

Stok Pangan Aman Hingga Idulfitri

PEKANBARU - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Riau memastikan ketersedian stok pangan hingga Idulfitri 2021 masih aman asal masyarakat bisa menerapkan belanja bijak sesuai kebutuhan.

Penjabat (Pj) Sekdaprov Riau Masrul mengatakan, akibat Covid-19 daya beli masyarakat melemah sehingga menyulitkan dalam memenuhi kebutuhan pokok.

"Upaya yang dilakukan TPID Riau dalam mengendalikan inflasi dengan menerapkan konsep 4K," kata Masrul, Jumat (23/4/2021).

4K maksudnya ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif diharapkan mampu untuk menjaga inflasi.

Saat ini lanjutnya, harga sejumlah komoditas pangan di Riau mengalami lonjakan dibanding akhir Maret 2021. Seperti harga daging ayam mengalami kenaikan 18,85 persen.

Lalu, harga telur ayam naik 11,75 persen dan harga daging sapi terjadi lonjakan sebesar 6,3 persen, bawang merah 7,19 persen.

Ia menambahkan, TIPD Riau sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota supaya distribusi pangan untuk masyarakat di daerah tetap terjaga dan tidak ada penumpukan.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER