Kanal

Selain Luka, Ini Empat Kegunaan Obat Antiseptik

jurnalpekan.com - Obat antiseptik cair memang umumnya digunakan untuk mengobati luka, agar kuman dan bakteri tidak masuk dan membuat luka terinfeksi semakin parah.

Tapi bukan masyarakat Indonesia namanya jika tidak kreatif, yang memanfaatkan obat antiseptik untuk kegiatan sehari-hari bukan hanya untuk luka.

Penasaran, berikut contohnya sebagaimana yang ditunjukan dalam video pendek life hack TikTok, mengutip siaran pers, Selasa (15/6/2021).

1. Pembasmi Hama Tanaman

Bagi yang gemar bercocok tanam di rumah, obat antiseptik cair juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tanaman yang layu. Caranya, Anda cukup pisahkan bagian tanaman yang sudah membusuk dengan yang masih sehat dan bertunas.

Selanjutnya, oleskan obat antiseptik cair ke bagian yang sehat tadi, dan tanam kembali. Pemberian obat antiseptik ini dipercaya dapat mengurangi penyebaran jamur dan bakteri ke dalam tanaman.

2. Menghasilkan karya seni

Siapa sangka, ternyata obat antiseptik bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk melukis loh. Seperti yang dilakukan TikTokers Erika Richardo yang juga seorang pelukis, mencoba membuat lukisan dengan menggunakan obat antiseptik.

Obat ini akan memberikan warna yang berbeda jika dicampur air dan digoreskan ke kertas. Berdasarkan video Erika, obat antiseptik yang dicampur sedikit air akan memberikan warna biru jika diaplikasikan ke kertas putih.

3. Menghilangkan kuman dan jamur pada hewan

Hewan berbulu seperti anjing dan kucing peliharaan, lalu kulit terserang kuman atau jamur akan membuat pemiliknya sedih. Memandikan hewan tersebut dengan larutan obat antiseptik cair, ternyata bisa jadi solusi menghilangkan kuman dan jamur.

Adapun takarannya, masukan sekitar 03 hingga 0,75 mililiter (ml) atau 6 hingga 15 tetes obat antiseptik ke dalam 60 liter air. Tapi jika hewan tersebut sedang terluka, maka berikan sekitar 20 tetes obat antiseltik ke dalam larutan air dan basuh ke bagian yang terluka.

Selain itu, jika cara ini dilakukan hewan tidak akan berbau atau kembali terserang kuman.

Cara ini dipastikan lebih murah dibanding harus ke tempat khusus untuk menghilangkan kuman pada hewan peliharaan. Lengkapnya bisa disimak dengan melihat video TikTok dari Ezron Tarigan ini.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER