Kanal

Ide Kreatif Desain Kamar Tidur Kecil

Mahalnya harga lahan membuat pengembang membuat rumah dengan tipe kecil. Sesuai tipenya, segala ruangan di dalam rumah ini pun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, termasuk kamar tidur. Kebanyakan rumah tipe 36 atau 72 memiliki kamar tidur ukuran 3x4m.

Dengan ukuran yang cukup terbatas ini, Anda harus sedikit memutar otak agar ruangan dapat digunakan tak hanya bisa memuat tempat tidur, tetapi juga barang lain seperti lemari atau meja belajar. 

Dikutip dari artikel Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia, berikut ini beberapa ide untuk mengoptimalkan ruang kamar tidur yang terbatas.

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk menyiasati kamar yang sempit supaya tidak terasa penuh dan sesak seperti yang ada di bawah ini:

- Mulailah terlebih dahulu dengan menata isi dari kamar Anda. Keluarkanlah barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menghindari kamar menjadi terlihat sesak dan penuh. Jauhkan benda-benda dari tatapan mata, supaya menciptakan efek ruangan menjadi terlihat lapang dan kosong.

- Susun furnitur dan posisikan kasur di kamar Anda dengan tepat. Furnitur yang berada di tengah-tengah jalan pada kamar akan membuat ruangan menjadi terlalu penuh. Usahakan juga supaya kasur berada di pojok dari kamar agar tidak memakan tempat.

- Manfaatkan warna-warna cerah pada kamar. Warna cerah tersebut akan membuat suasana ruangan menjadi terlihat lebih luas karena cahaya akan memantul pada seisi ruangan dan menciptakan ilusi ruangan menjadi tampak luas pada mata Anda.

- Gunakan juga lampu berwarna warm white supaya kamar bisa memunculkan warna hangat di mata dan bisa membuat suasana di dalam menjadi terasa lebih nyaman untuk ditempati.

- Supaya kamar tidak terlihat membosankan, jangan lupa untuk menambahkan satu atau dua hiasan berukuran kecil yang sesuai dengan tampilan kamar tersebut. Untuk membuat suasana kamar menjadi lebih teduh, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias berukuran kecil yang bisa diletakkan dengan mudah di meja

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa mulai menata atau bahkan mendesain ulang kamar tidur Anda. Berikut beberapa idenya:

1. Desain Kamar Minim Barang

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain kamar tidur 3x4 adalah dengan dibuat secara sederhana. Hindari untuk memasang TV pada kamar tersebut karena akan membuat isi ruangan menjadi penuh dan akan membuat Anda menjadi malas untuk keluar dari kamar. Pastikan juga tidak terdapat berbagai bentuk benda-benda berukuran terlalu besar karena akan membuat kamar menjadi terasa sesak dan penuh.

Manfaatkan desain lemari atau rak gantung yang hanya memakan setengah dinding kamar dari tengah hingga atas. Dengan demikian, perabotan lain seperti tempat tidur, kursi, dan meja belajar bisa tetap menempel ke dinding dan menyisakan cukup ruang untuk bergerak.

2. Desain Kamar Tidur dengan Perabotan Fungsional

Jika kamar tidur Anda berukuran kecil, maka salah satu desain yang perlu Anda terapkan adalah dengan mencari berbagai bentuk perabot fungsional. Perabot yang fungsional tersebut biasanya memiliki tempat penyimpanan yang banyak dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi secara sekaligus.

Sebagai contoh, saat ini sudah tersedia dipan yang di bawahnya sekaligus berfungsi sebagai lemari atau laci. Dengan demikian, Anda tidak perlu membutuhkan lemari penyimpanan di kamar.
Ingin tahu lebih detail soal lokasi rumah incaran Anda? Temukan informasi mendalamnya di AreaInsider Rumah.com.

3. Menggunakan desain bertingkat

Desain kamar tidur seperti ini sedang populer. Apalagi, saat ini banyak perumahan baru yang menawarkan rumah dengan plafon atau langit-langit berukuran tinggi hingga 4 meter lebih. Plafon tinggi ini bisa dimanfaatkan untuk desain kamar tidur bertingkat. Biasanya, bagian bawah menjadi area beraktivitas, seperti menempatkan meja belajar dan peralatan bermain. Sementara kamar tidur ditempatkan di atasnya.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan, yang pertama Anda harus membuat langit-langit yang lebih tinggi. Jika Anda sedang berencana membeli rumah, sebaiknya Anda tidak lupa mempertimbangkan hal ini. Yang kedua adalah pastikan desain susunnya kokoh, baik dari segi rangka maupun pagar pelindung tempat tidur.

Itulah 3 desain kamar tidur minimalis ukuran 3x4 yang bisa Anda coba terapkan. Jangan lupa untuk selalu menambahkan beberapa hiasan seperti tanaman hias atau foto-foto untuk membuat kamar tidur menjadi lebih menarik dan tidak terlihat membosankan.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER