Kanal

4 Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Program Diet

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan banyak orang. Dengan memiliki tubuh yang ramping, mereka akan merasa lebih percaya diri.

Di sisi lain, konsumsi karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh kerap mendapat pandangan sebelah mata. Karbohidrat dituduh sebagai penyebab kenaikan berat badan sekaligus sumber makanan yang tidak sehat.

Padahal karbohidrat baik untuk membantu fungsi kesehatan otak, ginjal, dan juga otot. Saat menghilangkan asupan karbohidrat, Anda akan lebih mudah terserang sakit kepala dan juga kelelahan.

Dilansir dari Times of India, berikut ini daftar karbohidrat sehat yang dapat menunjang diet seimbang sekaligus menjaga berat badan.

Ubi
Ubi jalar merupakan makanan yang biasa disajikan hangat ini, mengandung sumber manfaat yang tak kalah penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, mineral, dan vitamin. Lewat kandungan antioksidan tinggi, ubi dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.  

Produk susu
Produk susu dikenal mengandung karbohidrat yang sehat. Lewat kandungan laktosa yang merupakan gula alami, produk susu sangat bagus untuk dikonsumsi. Sebab susu bisa membangun massa otot sekaligus energi tubuh.

Buah-buahan
Buah-buahan seperti semangka, stroberi, dan melon dikenal sebagai buah yang punya karbohidrat sehat. Selain gula alami, kaya akan mineral dan vitamin pada buah sangat penting bagi tubuh. Daftar ini harus tercatat dari program diet Anda, sehingga penurunan berat badan bisa berjalan signifikan.

Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh dikatakan bisa membantu Anda untuk mencapai penurunan berat badan secara sehat. Biji-bijian ini, seperti berat meral, millet dan soba, memiliki sumber karbohidrat kompleks. Tentunya, ini baik untuk kesehatan Anda.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER