Kanal

Ini Manfaat Bagi Kesehatan dan Cara Buat Bubur Ketan Hitam

Selain menjadi makanan penutup, bubur ketan hitam juga bisa menjadi salah satu jajanan pengganjal perut dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi apakah kalian tahu cara membuat bubur ketan hitam.

Cara membuat bubur ketan hitam tergolong mudah. Itulah yang membuat makanan bercita rasa manis ini digemari banyak orang. Berikut cara membuat bubur ketan hitam yang lezat dan enak.

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam:
½ kg beras ketan hitam

600 gram gula merah

5 cm kayu manis

10 sdm gula pasir

Garam secukupnya

2 kelapa untuk santan

4 liter air

Cara pembuatan bubur ketan hitam:
Rendam beras ketan hitam selama satu malam

Setelah direndam semalam, cuci beras ketan sampai benar-benar bersih

Masukkan beras ketan hitam pada air mendidih

Masak beras ketan hitam selama kurang lebih 10 menit

Diamkan ketan hitam yang telah dimasak selama 30 menit

Masak kembali ketan hitam dan tambahkan gula merah, gula pasir, kayu manis, dan garam

Masak sambil aduk bubur ketan hitam sampai kental

Masak santan di panci yang terpisah dan tambahkan gula serta daun pandan

Tunggu sampai santan mendidih

Sajikan bubur ketan hitam dengan kuah santan sesuai selera

Warna hitam pekat pada ketan biasanya akan berubah menjadi ungu tua saat dimasak. Warna ini sendiri muncul karena kandungan antosianin yang jauh lebih tinggi dibanding jenis biji-bijian berwarna lainnya.

Selain mengenyangkan, mudah dicari serta mudah diolah. Perpaduan rasa manis pada ketan hitam serta gurih pada kuah santan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat.

Ada beberapa manfaat ketan hitam untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Ketan Hitam bagi Kesehatan

- Tinggi serat
Dibandingkan dengan ketan putih, kandungan serat pada ketan hitam yang belum diproses (bagian luar biji tetap utuh dan dimakan) jauh lebih tinggi. Kandungan serat yang yang tidak larut ini membuat ketan hitam cepat membuat perut kenyang dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan

- Kaya vitamin dan mineral
Sepertiga cangkir ketan hitam mengandung 20 persen fosfor dan magnesium, 8 persen selenium dan 120 persen mangan harian. Mangan sendiri cukup efektif memerangi osteoporosis jika konsumsinya diimbangi dengan kalsium, tembaga, dan seng. Fosfor membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta memproses karbohidrat dan lemak.

- Penurun Berat Badan
Beras ketan hitam memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kedua kandungan ini dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan karena mampu mengurangi nafsu makan. Kandungan antosianin dalam beras ketan hitam juga mampu mengurangi berat badan dengan presentase lemak tubuh.

- Kaya antioksidan
Warna gelap pada beras ketan hitam mengidentifikasikan adanya kandungan antosianin yang tinggi. Berdasar penelitian Annual Review of Food Science and Technology di tahun 2010, antosianin memiliki efek anti-inflamasi dan anti-karsinogenik.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER