Kanal

Gelar Pajak Bertutur 2021, DJP Ajak Generasi Muda Sadar Pajak

PEKANBARU - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggelar Pajak Bertutur 2021 dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara secara virtual.

Kepala Kantor Wilayah DJP Riau Farid Bachtiar menyampaikan, tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara sengaja dipilih dengan harapan generasi muda bisa memahami bahwa bela negara tidak selalu berarti memanggul senjata menghadapi musuh, namun juga dilakukan dengan bentuk yang lain sepanjang masa dalam segala situasi.

"Misalnya dengan cara mengikuti pendidikan kewarganegaraan baik jalur pendidikan formal maupun non formal dan juga membayar pajak yang berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara untuk melaksanakan pembangunan," kata Farid.

Pajak Bertutur 2021 bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran pajak yang dilakukan oleh pegawai DJP kepada peserta didik (sekolah tingkat dasar, menengah, dan perguruan tinggi) secara berkesinambungan. Kegiatan ini dilakukan serentak di 34 Kantor Wilayah DJP dengan diikuti oleh 252 Perguruan Tinggi, sekitar 500 sekolah tingkat dasar dan menengah serta lebih dari 18.000 pelajar dan mahasiswa.

Untuk wilayah Provinsi Riau, kegiatan Pajak Bertutur diikuti 140 Mahasiswa yang berasal dari 20 Perguruan Tinggi yakni, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Universitas Islam Riau, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Persada Bunda, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tuah Negeri, Universitas Islam Kuantan Singingi, Universitas Islam Indragiri, Universitas Pasir Pangaraian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bangkinang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat, Politeknik Caltex Riau, Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Syarif Hasyim, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Ridho, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Mitra Gama, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis.

Selain oleh Kanwil DJP Riau, Kegiatan Pajak Bertutur juga dilakukan serentak oleh unit kerja KPP dan KP2KP dilingkungan Kanwil DJP Riau dengan lokasi KPP Pratama Pekanbaru Tampan di SMPN 32 Pekanbaru, SMP Al Ulum, SMP Darma Yudha, KPP Pratama Pekanbaru Senapelan di SMA Cendana Pekanbaru dan lain-lain nya.

"Dalam rangka mewujudkan generasi yang mempunya kesadaran pajak, DJP terus berupaya melakukan edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan dalam program Inklusi Kesadaran Pajak," tutupnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER