Kanal

Mudah Dilakukan, Ini Lima Gerakan Olahraga HIIT Bakar Kalori Lebih Banyak

High Intensity Interval Training (HIIT), jenis olahraga dengan metode kardio yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, mulai dari kurang lebih 10 hingga 30 menit dalam satu kali latihan.

Jenis olahraga ini biasanya ditujukan untuk memperkuat detak jantung dan memperkuat pernapasan serta membakar kalori lebih banyak.
HIIT juga cenderung jadi solusi untuk berolahraga di rumah, karena tidak memerlukan alat olahraga yang rumit atau ruangan yang luas.

Berikut beberapa gerakan HIIT yang bisa diaplikasikan di rumah dilansir dari suara.com, Sabtu (11/9/2021).

1. High Knees
Untuk melakukan gerakan high knees, berlarilah di tempat dengan mengangkat paha satu-satu setinggi-tingginya.

2. Burpees
Pada posisi berdiri, tekuk lutut ke posisi squat/jongkok dan letakkan tangan di lantai. Tendang kaki ke belakang lalu masuk ke posisi push up. Kemudian, turunkan dada ke lantai. Lompat kembali ke posisi squat lalu berdiri kembali.

3. Jumping Jacks
Berdiri tegak dan kemudian lompat sambil merentangkan kaki dan lengan kamu sehingga terlihat seperti 'X' besar. Selanjutnya, kembali ke posisi posisikan dengan kaki menyatu dan lengan di samping.

4. Frog jumps
Caranya dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki selebar bahu. Jongkok serendah mungkin dengan tangan di lantai. Lompat maju sejauh yang bisa dicapai. Berhentilah sejenak untuk bernapas dan melompat lagi.

5. Push up
Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki bisa diatur lurus atau bisa ditekuk, dan badan tetap lurus atau tegap.

6. Mountain climbers
Posisikan tubuh seperti gerakan ‘plank’ di mana kedua tangan berada tepat di depan bahu dan jarak antara kedua tangan tidak terlalu jauh.

Ketika posisi tubuh sudah seimbang, gerakan mountain climbers dapat dimulai dengan menarik kaki kanan ke arah dada lalu berganti dengan kaki kiri. Pertahankan posisi kedua tangan dan bahu pada saat melakukan gerakan ini.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER