Kanal

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Wajah

Air mawar memang salah satu bahan yang sering ditemukan pada produk kecantikan wajah. Kandungan antioksidan, anti-bakteri, anti-radang, maupun antiseptik menjadikan air mawar ampuh memberikan efek lembab pada kulit wajah, mengobati jerawat, sampai mencegah penuaan diri.

Yuk simak 5 manfaat air mawar bagi kesehatan wajah.

1. Sifat anti-penuaan
Salah satu kandungan yang tinggi pada air mawar adalah vitamin A dan vitamin C, di mana kedua jenis vitamin ini sering dianggap sebagai vitamin anti-penuaan.

Selain itu, air mawar dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi kulit dan meminimalisir munculnya kerutan halus, bahkan stretch mark.

Sel kolagen sebagai salah satu asupan penjaga elastisitas kulit juga dapat dibangun kembali oleh air bunga mawar.

2. Mencegah dan mengobati jerawat
Jerawat menjadi salah satu momok bagi setiap perempuan. Jerawat biasanya timbul karena produksi minyak berlebih pada wajah ataupun pemakaian make up yang tidak tepat.

Cara mengguanakn air mawar untuk mencegah dan mengobati jerawat pun cukup mudah, cukup dengan menggunakan air mawar sebagai toner setiap hari. Selain mengobati jerawar, air mawar juga bisa menyamarkan bekasnya.

3. Meredakan peradangan wajah
Sebuah studi di tahun 2011 berjudul “Antioxidant and potential anti-inflammatory activity of extracts and formulations of white tea, rose, and witch hazel on primary human dermal fibroblast cells” menemukan bahwa air mawar membantu meringankan kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh rosacea.

Rosacea merupakan konsidi di mana kulit menjadi kemerahan, benjol merah, hingga pembuluh darah terlihat.

Cara pengobatannya pun cukup mudah, tuangkan air mawar pada kapas dan tepuk perlahan di area yang terkena rosacea. Cara ini juga aman digunakan pada kulit sensitif dan dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

4. Menghidrasi kulit
Salah satu kunci kulit wajah yang sehat berada pada kelembapannya. Selain dengan meminum banyak cairan, salah satu cara melembapkan kulit adalah dengan menggunakan air mawar.

Caranya, cukup semprotkan air mawar ke seluruh permukaan wajah. Eits tapi perlu diingat bahwa air bunga mawar tidak bisa dijadikan pengganti pelembab wajah , ya!

5. Tinggi antioksidan
Salah satu manfaat terbaik dari air bunga mawar adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan adanya antioksidan, air mawar dapat digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ekstrak kelopak mawar membantu melindungi sel fibroblast terhadap hydrogen peroksida. Studi lain berjudul “Skin anti inflammatory activity of rose petal extract (Rosa gallica) through reduction of MAPK signaling pathway” menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar menekan pensinyalan MAPK, yaitu ketika sel diaktifkan sebagai respons terhadap stresor seluler.

Demikian 5 manfaat air bunga mawar untuk kesehatan wajah, mulai dari menghidrasi kulit sampai mengurangi resiko penuaan dini. Untuk hasil maksimal, jangan lupa gunakan air mawar bersama skincare Anda.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER