Kanal

CDN Riau Ajak Pelajar SMK Multi Mekanik Mamur Pekanbaru Aman di Jalan Raya

PEKANBARU - PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau kembali menggelar edukasi Safety Riding. Kali ini mengawali Ramadan 2023 tim menyambangi SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru.

Kegiatan selama dua hari diikuti 70 peserta pilihan dan diisi dengan penyampaian materi terkait teori berkendara di aula sekolah dan hari berikutnya seluruh siswa melaksanakan praktek di Honda Safety Riding Center PT CDN Riau.

Steven, Instruktur Safety Riding PT CDN Riau menyampaikan, berkendara disaat hari biasa dengan bulan suci Ramadan tentu ada perbedaannya terutama di kondisi lalu lintas.

Pada Ramadan, setidaknya ada 3 perubahan yang mencolok saat berkendara di jalan raya seperti warung dadakan dipinggir jalan, pembagian takjil dipinggir jalan dan kepadatan lalu-lintas ekstra di jam tertentu, terutama menjelang buka puasa.

Disisi lain, saat kita menjalankan puasa, kita akan mengalami perubahan jam tidur dan perubahan jam makan yang terkadang berpengaruh terhadap kondisi emosional dan kemampuan prediksi bahaya.

Menanggapi kondisi tersebut pastikan untuk selalu #Cari_aman saat berkendara dengan 7 adaptasi pengendara saat berpuasa yaitu rencanakan perjalanan dengan mengatur waktu dan membuat rute, cukup istirahat, konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa, lakukan pemanasan sebelum berkendara agar lebih fokus dan rileks, fokuslah saat berkendara dan istirahat sejenak jika lelah, berpikir positif agar mampu mengatur emosi, antisipasi bahaya dengan melakukan prediksi bahaya.

"Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami berharap seluruh peserta yang ikut pada hari ini senantiasa menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dan pastikan selalu untuk #cari_aman saat berkendara," kata Steven.

Windri Gustiawan, MPd Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru mengucapkan terimakasih Honda yang memilih SMK Multi Mekanik Masmur dalam kegiatan edukasi safety riding bertepatan menyambut Ramadan.

Kegiatan Edukasi Safety Riding merupakan langkah maju yang dilakukan Honda dalam bidang keselamatan berkendara untuk masyarakat Indonesia. Semoga kegiatan positif ini kelak bisa dirasakan langsung manfaatnya bagi peserta saat nanti sudah memenuhi syarat berkendara di jalan raya.

“Harapan kami setelah acara ini, ilmu yang diberikan bisa menjadi bekal bagi peserta dan peserta tidak enggan mengingatkan keluarganya untuk senantiasa aman berkendara. Saat dijalan," kata Windri.

Hari kedua, seluruh peserta berkumpul di Honda Safety Riding Center PT CDN Riau didampingi oleh guru pembimbing. Pada sesi praktek peserta diajarkan apa saja persiapan yang dilakukan sebelum berkendara, bagaimana postur berkendara yang aman, bagaimana teknik pengereman yang baik dan di akhir acara peserta mengikuti challenge keseimbangan yaitu berkendara pelan melewati papan keseimbangan (narrow plank).

Dimas Arya salah satu peserta dari SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru mengucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan instruktur safety riding PT CDN Riau. Materi yang diberikan saat sesi teori dapat saya pahami karena langsung bisa dipraktekkan di hari kedua.

Berkendara ternyata butuh fokus dan pengetahuan tentang teknik dasar berkedara. Hal ini saya rasakan pada saat sesi praktek di papan keseimbangan (narrow plank).

"Kalau gak fokus dan tidak tahu teknik dasarnya, saya yakin akan sulit saat sesi ini. Terimakasih buat Honda. Ingat selalu #Cari_aman Saat berkendara dimanapun kita berada," tutupnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER