Kanal

Pemerintah Mulai Revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru mulai melakukan revitalisasi Pasar Palapa jalan Durian. Rangkaian revitalisasi tersebut ditandai dengan dilakukannya ground breaking oleh Penjabat Walikota Muflihun bersama Plh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad, Rabu (26/7/2023).

Dalam sambutannya, Muflihun mengatakan dirinya berharap pemenang tender revitalisasi Pasar Palapa bisa melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Jika pemenang tender melaksanakan tugasnya dengan baik, maka hasil revitalisasi Pasar Palapa juga akan baik.

"Harapannya kalau ini berhasil tidak menutup kemungkinan kedepan makin banyak kita dibantu pusat. Dan tentunya bisa menjadi acuan contoh lah," kata Muflihun.

Ia mengatakan saat ini masih banyak pasar di Kota Pekanbaru yang harus disempurnakan.

"Kondisi pasar kita hampir semua tak baik-baik saja. Artinya memang banyak yang masih berlumpur, kemudian kurang kondusif lah untuk berjualan. Makanya kita harapkan kedepan pasar bisa menjadi objek wisata pasar. Orang nyaman ke pasar, orang nyaman belanja sehingga masyarakat tertarik datang ke pasar. Harapannya bisa meningkatkan ekonomi para pedagang," harapnya.

Dikatakan Muflihun, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini memang terus berupa mencari Dana Alokasi Pusat (DAK) dan dana pusat lainnya dalam rangka untuk pengembangan peningkatan pembangunan baik pasar, jalan dan sebagainya.

"Kami apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Menteri Perdagangan yang hari ini mau memberikan dana APBN untuk kota Pekanbaru terkait dengan revitalisasi Pasar Palapa. Harapan kita kedepannya tak hanya satu pasar tapi bisa ke pasar lainnya," harapnya.

Sementara itu Plh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad mengatakan pasar merupakan salah satu pusat perekonomian di suatu wilayah.

"Diharapkan pasar rakyat ini akan memberikan peran yang besar untuk kemajuan perekonomian di suatu wilayah," kata Anwar.

Anwar mengatakan Kementerian Perdagangan dari sejak tahun 2000 sudah mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi atau pembangunan pasar rakyat baik melalui tugas pembantuan maupun melalui DAK.

"Dan salah satu kabupaten/kota yang mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunan pasar adalah Pekanbaru. Kita harapkan pembangunan pasar palapa ini bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER