Kanal

Ketahui Bahasa Permintaan Maaf Jika Ingin Hubungan Harmonis

Bagi sebagian orang sudah sering mendengar atau bahkan sudah sangat menguasai tentang bahasa cinta. Namun, tahukah Anda bahwa perlu juga memiliki "bahasa permintaan maaf?" Sama seperti bahasa cinta, bahasa permintaan maaf dapat membantu Anda menjadi pasangan yang lebih baik. Mengenali bahasa permintaan maaf, serta bahasa pasangan, dapat memengaruhi hubungan secara positif.

Di bawah ini, para ahli mempertimbangkan semua yang perlu Anda ketahui tentang bahasa permintaan maaf Anda. Apa itu bahasa permintaan maaf? Dilansir melalui Womenshealth, Louis Laves-Webb, LCSW, seorang terapis yang berbasis di Austin mengatakan bahwa permintaan maaf adalah inti dari perbaikan.

“Permintaan maaf memiliki jenis gaya dan sentimen uniknya sendiri, yang dapat mencakup tindakan pelayanan, kepemilikan emosional, atau kasih sayang fisik," Sederhananya, bahasa permintaan maaf mengacu pada cara memilih untuk mengungkapkan penyesalan atau menebus kesalahan dengan orang lain.

Pertama kali diciptakan oleh Gary Chapman, PhD, dalam bukunya dengan rekan penulis Jennifer Thomas, The Five Languages of Apology pada 2008 , para ahli menekankan bahwa kita semua memiliki preferensi tentang bagaimana kita memberi dan menerima permintaan maaf.

Mungkin tidak mengherankan, bahasa pilihan Anda untuk meminta maaf dapat ditelusuri ke masa kecil. “Sebagai anak-anak, kita semua mempelajari cara-cara yang berbeda secara halus untuk membuat dan menerima permintaan maaf ketika terjadi pelanggaran dalam suatu hubungan,” kata Gretta Duleba, LMFTA, seorang terapis yang berbasis di Seattle.

Beberapa dari kita tidak pernah belajar meminta maaf sama sekali, sementara yang lain belajar untuk menekankan penyesalan, reparasi, atau empati.
Jadi, apa bahasa permintaan maaf Anda?

Jika Anda tidak yakin secara pasti kerangka mana yang menjadi bahasa permintaan maaf pilihan Anda, mungkin ingin merenungkan bagaimana Andatelah meminta maaf di masa lalu.

Selain itu juga bisa memikirkan tentang bagaimana Anda suka permintaan maaf disampaikan kepada Anda oleh orang lain, dan mencoba beberapa cara berbeda untuk meminta maaf. 

Di bawah ini dia merinci beberapa gaya permintaan maaf yang umum:

Kata-kata kepemilikan: berbicara
Meminta maaf melalui kata-kata adalah tentang mengakui tindakan Anda di masa lalu dan mencatat bagaimana Anda akan mengubah perilaku Anda di masa depan. Dan seperti yang dikatakan Laves-Webb, "kata-kata penting".

Kata-kata kepemilikan: menulis
Beberapa orang menjadi bingung selama konvoi tekanan tinggi dan kadang-kadang permintaan maaf bisa terasa seperti itu.

Jika Anda lebih suka mengirim email yang bijaksana atau menulis S.O. catatan yang bagus, gaya permintaan maaf ini adalah milik Anda. Ini juga bisa menjadi strategi yang solid jika Anda merasa ketegangan masih agak tinggi.

Tindakan pelayanan
Orang yang lebih menyukai bentuk permintaan maaf ini memperlakukan permintaan maaf seperti kata kerja. Seperti halnya bentuk permintaan maaf lainnya, jika Anda cocok dengan arketipe ini, Anda pasti ingin sespesifik mungkin dalam setiap tindakan yang Anda lakukan untuk menunjukkan penyesalan Anda.

Misalnya, jika pacar Anda memanggil Anda karena selalu memonopoli meja, buatlah jadwal meja dan tempelkan di lemari es Anda untuk menunjukkan bahwa Anda menganggap serius kekhawatirannya.

Kasih sayang fisik
Apakah Anda mendambakan pelukan atau koneksi fisik setelah berselisih dengan pasangan Anda untuk meminta maaf? Kemudian, sentuhan fisik adalah bahasa permintaan maaf Anda. “Kedekatan fisik dan ikatan fisik sebagai cara meminta maaf dapat menjadi reparatif, menenangkan, dan tulus,” kata Laves-Webb.

“Ketika kedekatan fisik dikombinasikan dengan kepemilikan sejati dan sentimen permintaan maaf yang tulus, itu dapat menciptakan sebuah merek unik permintaan maaf yang tidak hanya mengakui rasa sakit tetapi sekaligus menawarkan penegasan positif.”

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER