Kanal

Resep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

Ketupat selalu ada di momen lebaran Idulfitri. Tidak semua orang tahu cara membuat ketupat yang enak dan awet. Lalu bagaimana resep ketupat agar tidak cepat basi, Simak beberapa trik rahasianya berikut ini.

Sayangkan kalau sudah buat banyak-banyak tapi ternyata ketupat lebaran Anda tidak bisa dimakan sampai sore. Berikut resep ketupat agar tidak cepat basi, sangat ideal untuk dimakan selama momen lebaran.

1. Pilih Daun Kelapa Warna Kuning Muda Kehijauan

Supaya ketupat tidak cepat basi, sejak awal pembuatan sudah harus diperhatikan. Bahan utamanya salah satunya ialah daun kelapa atau janur sebagai pembungkus ketupatnya. Anda harus memilih daun kepala warna kuning muda kehijauan sebagai Pembungkus.

Hindari yang masih terlalu muda karena itu bisa menyebabkan ketupat cepat berkeringat dan basi, sedangkan daun kelapa yang tua dan kering akan membuat ketupat tidak matang sempurna.

2. Tambahkan Air Kapur Sirih pada Beras

Ini resep ketupat agar tidak cepat basi selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan selama proses pembuatan. Perhatikan komposisinya, di mana Anda harus menambahkan air kapur sirih pada beras sebelum dimasukkan ke dalam selongsong ketupat.

Selain itu juga jangan lupa tambahkan garam agar ketupat memiliki cita rasa yang lebih gurih. Fungsi air kapur sirih adalah untuk membuat ketupat lebih awet dan kenyal.

3. Tambahkan Air Panas pada Rebusan Ketupat

Selama proses perebusan, Anda harus menambahkan air panas pada air rebusan ketupat. Ini dilakukan di tengah-tengah proses perebusan.

Tambahkan air panas agar ketupat tetap bersih, jauh dari kesan kotor karena balon-balon uap yang biasanya akan menempel pada janur atau daun kelapanya.

4. Siram Ketupat dengan Air Es atau Air Dingin

Kalau sudah matang, angkat ketupat dan taruh di wadah berlubang agar uap dan air rebusannya dapat tuntas. Setelah itu, siram ketupat dengan air es supaya ketupat tetap berwarna kuning cantik dan tidak cepat basi. Kalaupun tidak ada air es, Anda bisa menggunakan air dingin biasa untuk menyiramnya.

5. Simpan Ketupat dalam Lemari Es

Ini adalah langkah terakhir dari resep ketupat agar tidak cepat basi. Masukkan ketupat ke dalam lemari es. Pastikan ketupat sudah dalam keadaan dingin dengan suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam ketupat. Ketupat ini dapat Anda keluarkan kembali kapan saja Anda sekeluarga ingin memakannya.

Anda juga bisa membuatnya kembali hanya dengan mengukus ketupat selama 30 menit sebelum dihidangkan. Kalau tidak ada lemari es, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah terbuat dari bambu dan diletakkan di tempat yang teduh, jauh dari sinar matahari langsung.

Demikian resep ketupat agar tidak cepat basi. Semoga berhasil menghidangkan ketupat yang tepat lezat untuk Anda sekeluarga.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER