Kanal

Manfaat Lidah Buaya yang tak Terduga, Bisa Buat GERD

Jurnalpekan.com - Tanaman lidah buaya yang punya nama lain aloe vera disebut-sebut sudah dipakai untuk tujuan medis sejak zaman Mesir kuno. Selain dikenal karena kemampuannya yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka, lidah buaya juga punya segudang manfaat lain yang tak terduga, termasuk untuk meredakan penyakit asam lambung GERD. 

1. Meredakan GERD

Dikutip Health Line, sebuah studi pada 2010 menyimpulkan bahwa mengkonsumsi 1-3 ons aloe vera di jam makan dapat mengurangi gejala penyakit gangguan asam lambung dan penyakit gangguan pencernaan lainnya. Sifat lidah buaya yang punya level toksisitas rendah dapat menjadi penawar untuk sensasi terbakar di ulu hati yang banyak dialami penderita GERD.

2. Menurunkan kadar gula

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy mengungkap bahwa mengkonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya dapat menurunkan kadar gula bagi penderita Diabetes Tipe 2. 

Namun, jangan konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat gula lainnya. Sebab, ada potensi gula darah Anda jadi turun ke level yang membahayakan.

3. Menghidrasi Kulit 

Aloe vera, yang dapat tumbuh subur di Indonesia ini juga banyak ditemukan dalam produk kecantikan karena memiliki efek menghidrasi kulit dan menyehatkan rambut. Hal ini kemungkinan karena tumbuhan lidah buaya sendiri adalah tanaman yang kuat bertahan di kondisi paling kering sekalipun karena ia menyimpan air di dalam daunnya. 

4. Menjaga produk segar lebih lama

Sebuah studi yang diterbitkan Cambridge University Press mengungkap hasil penelitian terhadap tanaman tomat yang dilumuri gel aloe vera. Hasilnya, gel aloe vera ternyata mampu mencegah tumbuhnya bakteria yang bisa mengganggu kesehatan tanaman. Studi yang serupa juga pernah dilakukan untuk apel. Ini berarti lidah buaya dapat membuat produk segar lebih lama tanpa penggunaan pengawet kimia.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER