Kanal

Ini Penjelasan Ilmiah Ketika Wajah Bayi Tak Mirip Orang Tua

Jakarta - Orang seringkali membandingkan wajah bayi yang baru lahir dengan wajah kedua orang tuanya. Seringkali, wajah bayi tidak mirip dengan ibu yang melahirkan maupun ayahnya. Mengapa demikian.

Mengutip Kids Health, wajah bayi yang baru lahir bisa terlihat sangat bengkak karena akumulasi cairan dan proses yang mereka lalui saat dilahirkan melalui persalinan normal. Umumnya, wajah bayi sering berubah secara signifikan selama beberapa hari pertama karena bayi mengeluarkan cairan ekstra dari tubuhnya.

Selain itu, bukan hal yang aneh jika bayi yang baru lahir memiliki bentuk telinga yang terlipat. Ini karena bayi belum mengembangkan tulang rawan tebal yang memberi bentuk tegas pada telinga mereka.

Dalam beberapa kasus, fitur wajah bayi yang baru lahir bisa sangat terdistorsi sebagai akibat dari posisi di dalam rahim dan tekanan melalui jalan lahir.

Meski begitu, orang tua tidak perlu khawatir jika bayi mereka telinganya terlipat, rahang agak bengkok, atau hidungnya nampak seperti habis ditekan. Seiring waktu, kondisi tersebut akan berubah dan bayi mulai menunjukkan wajah aslinya.

Lalu, di usia berapa bayi mulai menunjukkan wajah aslinya. Sejak beberapa hari pertama kelahirannya, wajah bayi akan terus berubah. Bahkan penampilan bayi dapat berubah sangat cepat dari bulan ke bulan. Perubahan paling drastis dapat terjadi dalam satu tahun pertamanya, atau bahkan bisa lebih cepat. Oleh karena itu, untuk bisa melihat penampilan wajah bayi yang sesungguhnya, tunggulah untuk beberapa waktu.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER