Kanal

Tidur di Kamar Redup Bisa Bikin Turun Berat Badan

Tahukah Anda kalau tidur di kamar yang redup ternyata bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Fakta ini terungkap lewat sebuah studi yang dilakukan di University of Oxford. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang tidur di ruangan gelap 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk, jika dibandingkan dengan wanita yang tidur di kamar terang.

Pada dasarnya, kualitas tidur sangat berkaitan dengan peluang seseorang menurunkan berat badan. Tidur diketahui dapat mengurangi jumlah ghrelin dan meningkatkan leptin dalam tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengendalikan nafsu makan.

Di sisi lain, melatonin juga memengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Semakin banyak melatonin yang diproduksi, maka semakin cepat metabolisme yang terjadi sehingga makin banyak lemak pula yang terbakar ketika Anda tertidur.

Semakin Anda lama terpapar dengan cahaya, maka Anda akan lebih sulit untuk tertidur. Pada akhirnya, jadwal tidur pun kacau dan Anda jadi kekurangan tidur di keesokan harinya.

Pada tingkat yang paling sederhana, penelitian telah membuktikan bahwa ketika seseorang kelelahan, terutama akibat kurang tidur, maka nafsu makan akan membesar dan tanpa disadari orang tersebut akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Akibatnya, risiko kegemukan pun naik.

Penelitian sebelumnya dari University of Colorado juga menemukan bahwa ketika seseorang tidur cukup, maka jumlah kalori yang dikonsumsi akan menjadi enam persen lebih sedikit.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER