Kanal

Tujuh Aktivitas Libur Idulfitri Menyenangkan Bersama Keluarga di Rumah

Hari Raya Idulfitri kerap dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Habiskan waktu bersama keluarga di rumah dengan berbagai aktivitas seru.

Liburan tidak harus dilakukan dengan pergi ke tempat wisata. Anda tetap dapat menikmati kebersamaan dengan keluarga melalui berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan saat Lebaran di rumah bersama keluarga.

1. Kemah di halaman rumah

Anda bisa memanfaatkan halaman rumah dengan berkemah bersama keluarga. Selain menyalakan api unggun dan memasak barbeku, Anda juga bisa mengadakan sesi bercerita atau bermain kartu bersama keluarga atau kerabat.

Jangan lupa siapkan alas tidur yang empuk, semprotan antinyamuk dan serangga, sehingga sesi tidur bisa senyaman berada di dalam rumah.

2. Karaoke

Siapkan daftar lagu favorit Anda dan keluarga yang bisa dinyanyikan bersama-sama. Menyanyikan lagu favorit bisa jadi pilihan untuk mengusir rasa bosan sekaligus mempererat kebersamaan.

Anda bisa memilih lagu yang ceria sehingga membuat suasana lebaran menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, karaoke juga memberikan rasa relaksasi sehingga membuat Anda bisa menikmati momen bersama keluarga secara maksimal.

3. Bermain gim

Bermain gim bersama keluarga bisa menjadi pilihan saat libur Lebaran. Anda bisa memilih permainan yang dilakukan secara offline sehingga bisa menjauh sementara dari ponsel.

Anda bisa memilih permainan seperti monopoli, ular tangga, jenga, truth or dare, puzzle, atau ludo. Bermain gim dapat mengasah kemampuan berpikir secara strategis dan kreatif.

4. Menonton film

Anda dan keluarga bisa memanfaatkan waktu dengan menonton film bertema keluarga. Menghabiskan waktu bersama dengan menonton film dapat mempererat hubungan di antara anggota keluarga.

Nilai-nilai yang terkandung dalam film juga bisa diterapkan dalam kehidupan keluarga.

Anda tidak perlu ke bioskop untuk menonton film karena banyak layanan streaming yang memberikan kemudahan untuk menonton di rumah.

5. Memasak

Memasak jadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih. Anda bisa memasak hidangan yang sederhana dengan durasi pembuatan yang tidak terlalu lama.

Media sosial seperti Instagram atau YouTube dapat menjadi sumber referensi untuk memilih hidangan yang sederhana dan cepat.

Selain bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi, memasak bersama keluarga juga bisa menjadi cara untuk menyatukan keluarga.

6. Berkebun

Berkebun menjadi salah satu cara meditasi diri di tengah padatnya aktivitas. Namun, kegiatan ini juga cocok dilakukan bersama keluarga.

Berkebun akan membuat tubuh aktif bergerak seperti berolahraga. Tanaman juga akan membuat rumah memiliki kualitas udara yang lebih baik.

7. Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan termasuk salah satu aktivitas yang menenangkan, terutama bagi anak. Anda dapat memanfaatkan barang-barang di sekitar untuk membuat kerajinan tangan.

Membuat kerajinan juga akan mengasah kreatifitas dan imajinasi. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda membuat kerajinan tangan bersama keluarga saat libur Lebaran.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER