Kanal

Lima Sungai Paling Bahaya di Dunia

Sungai Aare jadi terkenal di Indonesia usai menjadi buah bibir akibat menjadi lokasi hilangnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril.

Namun, tidak banyak diketahui kalau sungai ini ternyata berbahaya bagi perenang pemula.

Berenang di sungai memang sudah menjadi tradisi orang Swiss. Selain itu untuk wisatawan mancanegara, renang di sungai juga kerap masuk daftar aktivitas yang perlu dijajal. Salah satu sungai yang ramai dikunjungi adalah Sungai Aare di Bern.

Kendati ramai turis, berenang di Sungai Aare ternyata tak benar-benar aman. Di sana sudah terjadi beberapa kali kasus turis tenggelam.

Kendati dikenal cukup berbahaya, nyatanya Sungai Aaree bisa dibilang bukan sungai paling berbahaya di dunia.

Masih ada beberapa sungai berbahaya di dunia, berikut paparannya:

1. Sungai Kongo

Sungai Kongo merupakan salah satu sungai terdalam di dunia. Kedalaman sungai ini diperkirakan mencapai 720 kaki atau 220 meter.

Saking dalamnya, hanya sedikit sinar matahari yang dapat menembus bagian dalam sungai.

Tak sampai di situ, bagian hulu sungai juga berbahaya karena dipenuhi dengan jeram dan anak sungai, sedangkan bagian hilirnya berisi ngarai dan air terjun.

2. Sungai Mississippi

Merupakan sungai terpanjang di Amerika Utara ini cukup berbahaya karena menjadi habitat hiu banteng dan ikan pike. Selain itu, sungai ini juga kerap terjadi arus bawah yang mengejutkan dan tidak dapat diprediksi sehingga mampu menelan perenang.

3. Sungai Nil

Sungai Nil yang menjadi sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil merupakan rumah bagi sejumlah besar predator, termasuk buaya yang bergerak cepat dan bisa membunuh sekitar 200 orang setiap tahunnya.

4. Sungai Amazon

Sama seperti Sungai Nil, sungai Amazon juga menjadi sungai paling berbahaya di dunia. Sungai ini berbahaya karena dihuni oleh binatang-binatang buas seperti Bull Sharks (hiu banteng), ular besar anaconda, dan juga buaya caiman hitam.

Tak hanya itu, Amazon juga jadi rumah predator lain seperti ikan piranha, ular beludak (viper) Bushmaster yang mematikan, belut listrik, hingga laba-laba Brasil yang bisa membunuh manusia dalam waktu 25 menit.

5. Sungai Wharfe

Walau tampak indah, Sungai Wharfe adalah salah satu sungai yang paling berbahaya di dunia.Alasannya adalah sungai ini terkenal sebagai rumah bagi terowongan tersembunyi yang tak terhitung dan dapat menyedot orang.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER