Kanal

Ibu Hamil Tak Boleh Makan Durian, Mitos atau Fakta

Durian, buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terkenal memiliki bau yang khas. Selain dimakan langsung, buah yang berjuluk "King Fruit" ini juga cocok dijadikan penganan lezat seperti kolak durian.

Sayangnya, ada banyak mitos seputar buah berduri satu ini. Salah satunya soal larangan mengonsumsi durian bagi ibu hamil. Seperti apa faktanya?

Melansir Baby Centre, ternyata ibu hamil dalam kondisi sehat tetap boleh makan durian, asalkan tidak berlebihan. Mitos seputar hamil dan makan durian juga belum terbukti kebenarannya. Untuk itu, tidak ada alasan ibu hamil tanpa gangguan kesehatan dilarang makan durian.

Durian mengandung vitamin serta senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, seperti antioksidan, vitamin A, Vitamin C, magnesium, dan fosfor. Namun, para ahli tetap mewanti-wanti agar ibu hamil mempertimbangkan kandungan gula dan karbohidrat dalam durian. Karena, dua butir daging buah durian berukuran sedang memiliki setidaknya 60 kalori. Makanan ini termasuk buah yang tinggi glisemik.

Karena alasan ini, ibu hamil diharuskan membatasi makan durian apabila memiliki kondisi berikut:

Ibu hamil dengan diabetes gestasional

Ibu hamil dengan riwayat diabetes gestasional sebelumnya

Ibu hamil yang memiliki riwayat keluarga diabetes

Ibu hamil dengan berat badan berlebih

Mengutip SehatQ, ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional sebaiknya menghindari makan durian secara berlebihan. Kondisi kadar gula darah yang sangat tinggi berisiko membahayakan kehamilan, seperti:

Berat lahir yang lebih dari 3500 gram

Kelahiran prematur

Meningkatkan kemungkinan persalinan caesar

Meningkatkan risiko kematian janin dan bayi baru lahir

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi durian pastikan apakah Anda memiliki diabetes gestasional ataukah tidak.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER