Kanal

Waspada Enam Penyebab Kolesterol Tinggi Jelang Iduladha

Hari Raya Iduladha identik dengan pemotongan hewan sapi dan kambing. Tak jarang masyarakat mengonsumsi dagingnya dengan berbagai cara pengolahan.

Namun, perlu diingat, jika mengonsumsi secara berlebihan, hal tersebut cukup berbahaya. Pasalnya, daging merah itu dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi.
Berikut beberapa faktor penyebab dan risiko kolesterol tinggi mengutip SehatQ.

1. Pola makan yang tidak terjaga
Pola makan sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Kebiasaan makan yang buruk ini bisa berupa sering mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, kue-kue, kerupuk, keripik, dan banyak lagi.

2. Kegemukan
Orang dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih (obesitas) berisiko tinggi untuk memiliki kadar kolesterol di atas normal.

3. Kurang olahraga
Gaya hidup yang kurang gerak (sedenter) berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, aktif bergerak (misalnya olahraga) akan membantu dalam menambah kadar kolesterol baik dalam tubuh.Olahraga juga berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah agar tetap dalam batas normal, sehingga tak membahayakan.

4. Merokok
Kebiasaan merokok bisa merusak dinding pembuluh darah, sehingga timbunan lemak lebih rentan terjadi. Kadar kolesterol baik juga akan mudah turun ketika seseorang merokok.

5. Usia
Seiring bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kolesterol tinggi juga akan meningkat.

6. Diabetes
Kadar gula darah yang tinggi bisa menurunkan jumlah kolesterol baik atau HDL dalam tubuh serta merusak dinding arteri.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER