Kanal

Berikut Batas Konsumsi Gula Orang Dewasa Agar Terhindar Diabetes

Minuman dan makanan yang mengandung gula berlebih bisa menyebabkan penyakit diabetes, jantung, hingga kanker. Tak cuma itu, Allen Towfigh, dokter ahli saraf dari Weil Cornell Medical Center mengatakan, penderita diabetes memiliki peluang besar untuk terjangkit demensia. Dampak negatif gula pada otak terjadi karena risiko peradangan yang meningkat.

Lalu, berapakah batas konsumsi harian gula yang dianjurkan agar terhindari dari penyakit serius?

Mengutip diabetes.org.uk, jumlah gula harian maksimum yang direkomendasikan adalah 30 gram untuk orang dewasa, atau sekitar tujuh sendok teh sehari. 

Meski demikian, Anda sebenarnya tidak perlu menghapus gula sepenuhnya dari menu makanan sehari-hari. Sebab, faktanya gula secara alami juga ditemukan di buah dan sayuran. 

Yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan gula tambahan di minuman dan makanan. Perlu diketahui bahwa penggunaan gula tidak hanya di makanan dan minuman yang rasanya manis seperti biskuit atau cokelat. Faktanya, gula juga 'tersembunyi' di roti, yogurt, hingga saus tomat. 

Berikut cara sederhana untuk mengurangi konsumsi gula dalam makanan Anda:

- Daripada ngemil cokelat batangan, permen, kue, dan biskuit, pilihlah camilan yang lebih sehat seperti yogurt tanpa pemanis, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Misalnya, cobalah yogurt alami yang dicampur dengan potongan buah.

- Lakukan eskperimen dengan mengurangi gula yang Anda gunakan dalam resep makanan,

- Cobalah pemanis gula alami seperti stevia sebagai pengganti gula.

- Jika Anda biasanya mengonsumsi minuman manis, pilihlah air dengan perasa alami, seperti mint atau irisan lemon.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER