Kanal

Kanker hingga Diabetes Intai Penyuka Konsumsi Soda

Minuman bersoda menjadi salah satu jenis minuman yang paling digemari di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan segar, efek karbonasi yang ada di dalam minuman tersebut disebut-sebut bisa meringankan rasa kembung yang dirasakan sejumlah orang.

Namun perlu diwaspadai berbagai macam penyakit bisa dialami bagi mereka yang senang atau gemar mengonsumsi minuman bersoda, apa saja?

Berikut ini ulasannya oleh Spesialis Gizi Klinik, dr. Diana F Suganda, M.Kes, Sp.GK  dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 26 April 2023.

1. Sebabkan Diabetes

Diungkap Diana, Suganda bahwa terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan diabetes. Hal ini lantaran, minuman soda mengandung karbohidrat sederhana high fructose syrup tinggi, yang cepat diserap tubuh bisa meningkatkan kadar gula darah dan sangat berbahaya untuk penderita diabetes.

2. Sebabkan gangguan Ginjal

Diungkap Diana, minuman bersoda mengandung karbohidrat sederhana dan fosfor, dalam penelitian fosfor dapat ganggu ginjal dalam jangka panjang bisa sebabkan gangguan pada ginjal.

3. Dapatkan Meningkatkan Risiko Kanker

Dijelaskan Diana, minuman bersoda mengandung zat pengawet yang bersifat karsinogenik. Jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker.

4. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Minuman bersoda diungkap Diana tinggi sekali kandungan asam yang dapat merusak email gigi jika dikonsumsi jangka panjang.

5. Menyebabkan Alzheimer

Dijelaskan Diana, dalam sebuah penelitian menyebut jika mengonsumsi 2-3 gelas minuman bersoda per hari sebabkan degenerasi sel di otak sehingga jangka panjang bisa sebabkan alzheimer.

6. Menyebabkan Penuaan Dini

Kandungan dalam minuman bersoda kata Diana jika dikonsumsi secara terus menerus dapat ambil sari vitamin dalam tubuh yang bisa sebabkan sel kita cepat tua.

7. Sebabkan Kerusakan Fungsi Hati

Dijelaskan Diana, hati adalah organ tempat metabolisme semua bahan yang masuk ke tubuh termasuk alkohol obat-obatan dan makanan. Soda memperberat kerja hati sehingga sebabkan fungsi hati jika dikonsumsi jangka panjang.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER