Kanal

Pemprov, OJK dan BI Beri Pelatihan Digital UMKM di Riau

Pekanbaru - Sebagai langkah konkrit dalam rangka pencapaian target KPI Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia /Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan bekerjasama dengan Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) melakukan literasi digital Onboarding e-Commerce sesi akhir, 7 dan 8. Pelatihan diikuti 40 UMKM terpilih dari total 635 UMKM di Auditorium Kantor OJK Provinsi Riau.

Program sejak 20 Maret 2023 diselenggarakan sebanyak 8 sesi pelatihan secara hybrid sesi 1, secara online sesi 3 sampai dengan 6 dan tatap muka pada sesi 7 dan 8. Selama program Onboarding Ecommerce tersebut, peserta bukan hanya mendapatkan pelatihan, namun juga memperoleh pendampingan, serta mentoring praktik langsung di platform digital. Materi-materi yang disampaikan dan diajarkan untuk 8 sesi diantaranya diajarkan mengenai tips membuat packaging produk yang menarik, strategi digital marketing untuk UMKM, serta dongkrak penjualan dengan instagram marketing.

Ditargetkan dari 40 UMKM peserta, akan dipilih UMKM terbaik untuk diajukan ke ajang pemilihan UMKM Terbaik tingkat nasional.

"Diharapkan setelah selesai mengikuti program literasi digital eCommerce yang disusun dan diajarkan oleh para profesional e-Commerce tersebut, para UMKM peserta memiliki kecakapan dalam berbisnis di platform digital, sehingga dapat berimbas pada peningkatan nilai penjualan bisnis/usaha," kata Kepala OJK Provinsi Riau Muhamad Lutfi, belum lama ini.

Ia juga berharap, kolaborasi Program Gernas BBI-BBWI dapat menciptakan dampak multiplikasi ekonomi, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan industri baru berbasis UMKM/IKM/Artisan di daerah yang berdaya saing nasional maupun internasional.

"Mari sama-sama kita jaga dan tingkatkan kualitas, terus melahirkan kreativitas, membangkitkan gairah masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri, dan produk UMKM dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan konsumsi produk impor," tutupnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER