Kanal

Resep Masak Nasi Putih Jadi Lebih Sehat

Banyak yang mengatakan bahwa rasanya tak lengkap makan bila belum mencicipi nasi dalam sehari. Tak heran, nasi merupakan jenis makanan wajib yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia agar memberi rasa kenyang dan nikmat sekaligus.

Sayangnya, masyarakat tak menyadari bahwa mengonsumsi nasi putih sebenarnya minim serat.

Menurut Dokter spesialis gizi klinik dr Diana Suganda, beras pada bentuk awalnya setelah dipanen dari padi, memiliki warna yang kusam dan jauh dari persepsi 'bersih'. Namun rupanya, di situlah tempat serat dan vitaminnya terbentuk.

"Warnanya broken white pada padi. Jadi selaputnya masih banyak. Makin digiling, selaput airnya makin habis sehingga vitamin b berkurang, serat juga berkurang. Nasi yang putih banget juga khawatir campur pemutih," kata dr Diana Suganda dilansir dari viva.co.id, Senin (5/6/2023).

Nutrisi yang hilang dari selaput tersebut, kata dokter Diana, berupa serat yang cukup banyak. Serat yang berkurang otomatis meningkatkan indeks glikemik yang berisiko memicu penambahan gula dalam darah. Serta, vitamin B pun hilang yang sebenarnya bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah.

"Kalau untuk nasi putih yang dingin atau hangat, kalorinya sama aja. Tapi kalau mau tambah serat, nggak semua orang suka nasi merah. Nah, jadi bisa tambah serat di nasi putih dengan agar-agar," tuturnya.

Agar-agar polos tanpa rasa dapat dimasukkan ke dalam nasi putih saat dimasak dan diolah. Dengan begitu, seratnya bisa bertambah sehingga saluran pencernaan lebih sehat dan indeks glikemiknya menurun. Penambahan rempah lain pun turut dianjurkan karena memberi tambahan serat dan vitamin mineral lainnya.

"Bisa juga tambah daun salam, efeknya banyak. Pertama, ada antiseptik, serat juga ada. Walau jarang dimakan daunnya. Tambah bawang putih, efeknya vitamin c, serat, mengandung antioksidan alisin. Ini alisin efeknya bagus untuk kesehatan jantung dan ada aromatik jadi bikin nasi putih lebih enak," bebernya.

Berikut resep dan mengolah nasi putih

Bahan: 
2 cup beras
1 bungkus bubuk agar Daun pandan
Daub salam
4 siung bawang putih

Mengolah:
Cuci bersih beras, lalu siapkan di dalam wadah. Tambah bubuk agar-agar. Setelah itu, siapkan daun pandan dan daun salam serta bawang putih, masukan ke dalam wadah yang sama.

Tambah air secukupnya. Beras siap dimasak.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER