Kanal

Cara Halus Usir Tamu dari Rumah

Kedatangan seorang tamu yang berkunjung ke rumahmu tentu sangat menyenangkan, karena interaksi sosial dengan orang lain di luar rumah bisa kamu lakukan. Tapi, kehadiran tamu ke rumahmu mungkin menjadi 'pengganggu' bagimu yang berencana beristirahat maupun bersantai bersama keluarga di rumah.

Sekalipun tamu adalah raja, jika tamumu berkunjung begitu lama dan malah membuatmu kesal dengan tingkah lakunya, kamu berhak untuk tidak menginginkan keberadaannya di rumahmu.

Untuk 'mengusir' kehadiran tamu yang tak kamu inginkan karena mereka berkunjung terlalu lama atau membuat kegaduhan yang tak menyenangkan, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, dilansir dari kompas.com, Selasa (10/10/2023).

1. Jangan pernah mengundangnya berkunjung ke rumahmu

Terkadang, seorang tamu mengundang dirinya sendiri untuk datang ke rumahmu. Gunakan kesempatan ini untuk menolaknya dengan sopan.

Jangan biarkan mereka pergi dengan berpikir bahwa mereka memiliki undangan terbuka untuk datang berkunjung ke rumahmu kapan saja. Mengatakan tidak bukanlah hal yang buruk. Kamu hanya melindungi ruang paling berharga yang kamu miliki dan itu adalah rumahmu.

2. Tetapkan batas waktu

Jika kamu memang mengundang tamu datang ke rumahmu, tetapkan batas waktu sebagai bagian dari undangan dan perjelas di awal.

Menjelang waktu akhir dari kunjungan tamu yang ditentukan, katakan seberapa cepat waktu telah berlalu dan bagaimana kamu tidak percaya bahwa sudah hampir waktunya bagi tamumu untuk pergi. Kehalusan bisa menghasilkan keajaiban.

3. Tetapkan tugas

Tidak ada yang mau tinggal di rumahmu hanya untuk bekerja. Jika kamu memiliki tamu rumah yang tidak diinginkan, beri mereka tugas yang banyak. Desak bahwa siapa pun yang tinggal di rumahmu harus berkontribusi. Menyedot debu, membuang sampah, dan cucian adalah tugas yang tidak diharapkan oleh siapa pun saat berlibur.  

4. Berhenti bersikap begitu baik

Menjamu tamu dan menawarkan untuk membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan adalah bagian dari etika menerima tamu yang baik.

Tapi, kamu pasti tidak ingin tamumu yang menginap menjadi super nyaman di rumahmu, sehingga membuat mereka lupa untuk pulang. Berhentilah berbuat baik seperti awal kunjungan kedatangan tamumu. Mereka mungkin mendapat petunjuk bahwa sudah waktunya untuk pergi.

5. Ganggu mereka

Sebuah tuan rumah yang ramah akan selalu menjadi perhatian tamu rumah mereka. Tapi, tamu yang tidak diinginkan adalah cerita yang berbeda.

Lakukan hal-hal menjengkelkan dan tak disukai oleh tamumu, sehingga itu akan membuat tamu ingin segera pergi.

Nyalakan TV atau setel musik dengan keras, bangunkan mereka lebih awal berulang kali, ajukan pertanyaan invasif. Semua hal ini pasti membuat mereka tidak nyaman. Dan, ketika seseorang merasa tidak nyaman, mereka ingin menghentikannya.

6. Jangan berlebihan memanjakan tamu

Sekali lagi, istilah tamu adalah raja memang benar adanya. Saat mereka datang kamu perlu melayaninya, tapi sewajarnya saja atau saat awal-awal kunjungan mereka.

Selain itu, jangan pernah katakan "anggap saja rumah sendiri" kepada tamumu, karena ini bisa menambah hal yang tidak kamu inginkan.

7. Ingatkan bahwa masih ada virus corona

Adanya pandemi virus corona Covid-19 seharusnya menyadari orang-orang untuk tetap berada di rumahnya masing-masing. Jika tamu yang tiba-tiba datang ke rumahmu atau terlalu lama berkunjung, katakan dengan jujur bahwa kamu takut menerima kunjungan mereka karena virus corona masih menyebar.

8. Tawarkan sebuah hotel

Ini mungkin akan menguras kantong. Tapi apabila ada kunjungan tamu yang tak terhindarkan, terlebih tamumu datang tiba-tiba dari suatu kota, maka lebih baik kamu menawarkannya sebuah hotel sebagai tempat ia menginap.

Beri tahu mereka bahwa mereka akan menginap di hotel dan reservasi telah dibuat sehingga tidak ada yang mengganggu. Ingatkan kembali mengenai virus corona yang mungkin membuat tamu mu mengerti dengan kondisi sekarang ini.

9. Beri alasan kamu akan pergi

Jika tamu yang tidak diinginkan datang tiba-tiba ke rumahmu, sambut saja terlebih dahulu. Tapi, setelah itu katakan kepadanya bahwa kamu harus pergi keluar rumah beberapa jam dari kedatangannya. Bilang saja kamu ada janji dengan orang lain untuk keluar rumah. Hal ini seharusnya membuat tamumu yang berkunjung memahami bahwa janji adalah hutang, sehingga kamu tidak lama-lama bertemu dengannya.  

10. Tegur ketika sudah kelewat mengganggu

Apabila tamu yang datang berperilaku tidak sopan, mengganggu dan membuatmu tidak nyaman di rumahmu sendiri, beritahu mereka tentang hal tersebut karena kamu memiliki hak.

Jika ada sesuatu yang tamumu lakukan atau katakan bisa berdampak buruk pada anak-anakmu, beri tahu mereka juga tentang hal itu. Saat telah ditegur, seorang tamu harusnya sadar bahwa kehadirannya tak diharapkan.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER