Kanal

12 Tanda Anak Pintar yang Terlihat Sejak Dini

Para ahli mengartikan kejeniusan sebagai kekayaan orisinalitas, kreativitas, dan kemampuan untuk berpikir atau membayangkan dengan cara serta bidang baru.

Meski demikian, para peneliti tidak tahu pasti apa yang menyebabkan seseorang jadi jenius. Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology Spot pada 1994 menemukan bahwa gen kecerdasan anak berkaitan erat dengan kromosom X, yakni kromosom utama perempuan.

Meskipun demikian, para ilmuwan meyakini bahwa gen bukanlah satu-satunya penentu kecerdasan. Menurut para ilmuwan, hanya 40 hingga 60 persen kecerdasan yang bersifat turun-temurun, sedangkan sisanya tergantung pada lingkungan sekitar.

Meski tidak ada daftar resmi yang menjadi ciri anak jenius, berikut adalah sejumlah tanda yang sering muncul pada anak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi:

1. Selalu butuh stimulasi mental

2. Kemampuan untuk mempelajari topik baru dengan cepat

3. Kemampuan untuk memproses informasi baru dan kompleks dengan cepat

4. Keinginan untuk menjelajahi topik tertentu secara mendalam

5. Rasa ingin tahu yang tak terpuaskan, seringkali ditunjukkan dengan banyak pertanyaan

6. Mempelajari materi pendidikan untuk tingkat kelas yang lebih tinggi

7. Memiliki kedalaman dan kepekaan emosional

8. Menyukai topik atau minat unik

9. Memiliki selera humor yang dewasa atau unik

10. Imajinatif dan mampu menemukan solusi kreatif untuk masalah

11. Cepat Belajar

12. Lebih sadar daripada anak-anak lain tentang diri, situasi sosial, dan masalah global

Ciri fisik orang Jenius
Ada beberapa ciri fisik tertentu yang dimiliki oleh otak orang-orang jenius atau yang memiliki kecerdasan ekstrem.

1. Volume otak yang lebih besar di bagian tertentu
Hasil pemindaian menunjukkan bahwa orang berbakat atau jenius memiliki lebih banyak bidang abu-abu di otak mereka. Ini adalah bagian otak yang bekerja untuk menghitung dan memproses informasi. Bagian ini juga mengarahkan perhatian, ingatan, bahasa, persepsi, dan interpretasi Anda.

2. Peningkatan konektivitas wilayah otak
Individu yang sangat berbakat atau jenius biasanya memiliki bidang putih yang lebih aktif di otak mereka. Bidang putih ini yang bertindak sebagai 'pusat komunikasi' di otak Anda.

Otak orang yang jenius terlihat memiliki jaringan koneksi yang lebih baik dan karenanya menghasilkan pemikiran yang sangat cepat dan kompleks.

3. Peningkatan sensitivitas sensorik dan pemrosesan emosional
Otak orang jenius bisa mengalami 'superstimulabilitas' yang membuat mereka sangat sensitif terhadap emosi serta perasaan orang lain. Hal ini dapat membantu mereka menjalin relasi dengan orang lain, tetapi kadang-kadang bisa membuat mereka kewalahan dan merasa cepat lelah.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER