Kanal

Berikut Cara Hilangkan Kerutan di Wajah

jurnalpekan.com - Kerutan di wajah terjadi karena elastisitas kulit akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kerutan yang muncul pada wajah biasanya akan mengganggu penampilan dan dapat mengurangi kepercayaan diri.

Kerutan bisa saja muncul ketika Anda masih berusia muda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dilakukan secara mandiri, tanpa mengeluarkan biaya besar untuk berkunjung ke dokter kecantikan.

Ini cara menghilangkan kerutan di wajah secara mandiri dilansir dari suara.com, Selasa (1/12/2020)

1. Istirahat yang cukup
Cara menghilangkan kerutan di wajah yang pertama istirahat yang cukup. Pasalnya, tubuh akan melakukan regenerasi kulit saat manusia tertidur.
Adapun istirahat yang cukup dalam hal ini adalah memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Dengan istirahat yang cukup, kondisi tubuh pun akan lebih baik dan cepat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak.

2. Konsumsi makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat menjadi solusi menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya. Makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang-kacangan, antioksidan, serta vitamin C seperti blueberry, strawberry, jeruk dan tomat dapat mencegah terjadinya keriput dini. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin, asupan vitamin dalam tubuh pun akan tetap terjaga.

3. Memijat wajah dengan minyak
Memijat wajah secara rutin dapat merelaksasikan otot-otot wajah sekaligus menghaluskan kulit. Alhasil, kulit dapat terhindar dari keriput. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda melakukan pemijatan wajah dengan gerakan ke arah atas. Untuk memijat wajah, Anda dapat menggunakan minyak kelapa ataupun minyak zaitun.

4. Jangan terlalu sering mencuci wajah
Terlalu sering mencuci wajah justru dapat mempercepat munculnya keriput. Pasalnya, jika terlalu sering mencuci wajah, kulit wajah akan semakin kering.

Oleh karena itu, Anda cukup menggunakan air hangat untuk mencuci wajah sebanyak satu sampai dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam. Kemudian, untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajah, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh dengan minum air mineral yang cukup setiap harinya.

5. Memanfaatkan sinar matahari
Cara menghilangkan kerutan di wajah yang selanjutnya adalah memanfaatkan sinar matahari dengan berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi bisa mendorong produksi vitamin di dalam tubuh. 

Manfaatnya, kulit akan tampak lebih muda dan terhindar dari kerutan. Namun, waktu berjemur di bawah sinar matahari perlu dibatasi untuk menghindari efek buruk sinar UV A.

6. Mencegah stres dan jangan merokok
Pada saat Anda stres, kemampuan tubuh untuk melawan hormon pemicu keriput menjadi buruk. Lebih lanjut, bagi sebagian orang merokok adalah salah satu cara mengatasi stres.

Rokok justru menjadi pemicu munculnya keriput. Hal ini disebabkan oleh radikal bebas yang muncul saat Anda menghirup asap rokok. Apabila terdapat banyak radikal bebas dalam tubuh, molekul dalam tubuh dan sel-sel dalam kulit pun dapat terganggu atau pun rusak.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER