Kanal

Semangka Banyak Manfaat bagi Tubuh

Buah semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon, dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Buah semangka dikenal memiliki kandungan air yang tinggi. Itu sebabnya semangka sangat menyegarkan dan mampu menghidrasi tubuh ketika dikonsumsi.

Selain kandungan air yang tinggi, buah semangka juga tinggi vitamin C, vitamin A, dan banyak senyawa tanaman sehat lainnya yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Di antaranya ada kalium, magnesium, karotenoid, likopen, hingga cucurbitacin E atau senyawa tanaman yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi.
Melalui kandungan sebanyak itu, buah semangka mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia. Dilansir dari okezone.com, Jumat (4/12/2020), berikut manfaat semangka.

1. Mencegah kanker
Manfaat mengejutkan pertama dari buah semangka adalah dapat membantu mencegah kanker. Menurut sejumlah penelitian, hal ini lantaran kandungan likopen pada semangka yang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker. Selain itu, kandungan cucurbitacin E juga telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

2. Baik untuk kulit dan rambut
Dua vitamin dalam semangka yakni A dan C penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh membuat kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan rambut kuat. Kemudian vitamin A penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit bisa terlihat kering dan bersisik.

3. Tingkatkan kesehatan jantung
Tidak hanya kanker, buah semangka rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang berkontribusi pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Alasan lainnya, semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida membantu pembuluh darah Anda berkembang yang menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium, dan kalium.

4. Meningkatkan kesehatan di sistem pencernaan
Seperti dijelaskan sebelumnya, semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Dua hal ini penting untuk kesehatan pencernaan, sebab serat sendiri dapat memberikan curah pada tinja Anda, sementara air membantu saluran pencernaan bergerak secara efisien.
Oleh karena itu, memakan buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk mendorong pergerakan usus yang normal.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER