Kanal

Buah Ini Bisa Turunkan Berat Badan

jurnalpekan.com - Buah banyak manfaat mulai dari cemilan alami yang kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi hingga mendukung pola makan sehat simbang. Untuk seseorang yang sedang melakukan program diet, buah menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Faktanya, makan buah selain menurunkan berat badan juga baik untuk mengurangi risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung yang lebih rendah.

Berikut buah terbaik untuk menurunkan berat badan dilansir dari suara.com, Rabu (9/12/2020).

1. Apel
Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat dengan 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar (223 gram).

Apel juga terbukti mendukung penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat. Responden dibagi dalam tiga kelompok dan diminta mengonsumsi tiga apel, tiga pir, atau tiga kue gandum dengan nilai kalori yang sama per hari selama 10 minggu.

Kelompok apel kehilangan 2 pon (0,91 kg) dan kelompok pir 1,6 pon (0,84 kg), sedangkan kelompok gandum beratnya tidak berubah. Buah rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan dan membuat orang makan lebih sedikit sepanjang hari. Khususnya, apel hampir tiga kali lebih mengenyangkan daripada batang cokelat.

2. Beri
Buah beri adalah pembangkit tenaga nutrisi rendah kalori. Dalam 1/2 cangkir (74 gram) blueberry  mengandung 42 kalori tetapi menyediakan 12% RDI (Asupan Referensi Diet) untuk vitamin C serta 18% untuk vitamin K.

Satu cangkir (152 gram) stroberi mengandung di bawah 50 kalori dan menyediakan 3 gram serat makanan, serta 150% RDI untuk vitamin C Buah beri juga terbukti mengenyangkan. Satu studi kecil dari National Center for Biotechnology Information, Amerika menemukan, orang yang diberi camilan berry 65 kalori makan lebih sedikit pada makanan berikutnya daripada mereka yang diberi permen dengan jumlah kalori yang sama

Selain itu, Berry dapat ditambahkan ke sereal atau yogurt untuk sarapan, dicampur dengan smoothie sehat, dicampur ke dalam makanan yang dipanggang, atau dimasukkan ke dalam salad.

3. Melon
Melon adalah salah satu buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu melon juga sangat ramah bagi penurunan berat badan. Hanya 1 cangkir (150-160 gram) melon, memberikan 46-61 kalori. Meskipun rendah kalori, melon kaya serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Melon juga sangat mudah untuk dikonsumsi. Buah melon bisa dinikmati dengan dipotong dadu untuk menghidupkan salad buah. Mereka juga mudah dicampur menjadi smoothie buah atau dibekukan menjadi es loli buah.

4. Pisang
Mungkin beberapa yang sedang diet mencoba menghidari pisang karena kandungan gula yang cukup tinggi. Namun, pisang lebih padat kalori daripada banyak buah lainnya.

Pisang juga lebih padat nutrisi, memasok kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan, dan vitamin A, B6, dan C. Selain itu, satu penelitian menggambarkan bahwa makan pisang setiap hari mengurangi gula darah dan kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi.

Makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori seperti pisang sangat penting untuk rencana penurunan berat badan yang sehat.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER